Pakde Karwo Raih Anugerah Kencana Bidang KKBPK dari BKKBN

11

Partisipasi aktif Gubernur Jatim Pakde Karwo dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) berbuah penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat.

Penghargaan Anugerah Kencana bidang KKBPK tersebut diserahkan Plt Kepala BKKBN dr Sigit Priohutomo MPH kepada Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono yang hadir mewakili Pakde Karwo. Dalam acara apresiasi Anugerah Kencana yang digelar di Hotel Sheraton Jakarta, Minggu (23/12) malam itu, BKKBN juga memberikan penghargaan kepada empat gubernur lain, yakni Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Gubernur Sulawesi Selatan, dan Gubernur Riau. Selain kepada gubernur, BKKBN juga memberikan penghargaan kepada 29 bupati/walikota.

Sigit Priohutomo mengatakan, penghargaan Anugerah Kencana diberikan kepada kepala daerah yang telah memberikan dukungan dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program KKBPK di wilayah masing-masing.

Sebelum memberikan penghargaan tersebut, BKKBN melakukan penilaian berdasarkan aspek dan kriteria penilaian. Yakni, aspek komitmen dan aspek capaian program.

Untuk aspek dukungan dan komitmen antara lain, memasukkan indikator sasaran program KKBPK dalam RPJMD dan mengusulkan kegiatan prioritas program KKBPK dalam RKPD melalui Musrenbangda.

“Aspek ini juga meliputi persentase dukungan APBD Dinas PPKB Provinsi dalam operasional Program KKBPK yang juga meliputi kelembagaan dalam menangani Program KKBPK,’’ terangnya.

Kecuali itu, aspek dukungan juga dinilai dari tersedianya Desain Besar Pembangunan Kuantitas Penduduk yang memuat aspek kualitas, kuantitas, mobilitas, dan administrasi pembangunan keluarga.

“Termasuk juga dukungan gubernur terkait pembentukan Kampung KB, dan jumlah mitra kerja yang terlibat dalam Kampung KB,’’ tambahnya.

Sementara itu untuk aspek capaian program dinilai dari pencapaian angka Total Fertility Rate (TFR), peningkatan Contraceptive Prevelance Rate (CPR), penurunan Unmet Need, pencapaian peserta KB baru, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) terhadap PPM, dan angka penurunan Age Specific Fertility Rate (ASFR) 15-19 tahun.

Prestasi ini merupakan prestasi kedua yang diraih Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim. Sebelumnya, pada Selasa (11/12) lalu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Yenrizal Makmur masuk dalam 50 besar nomine Anugerah ASN (Aparatur Sipil Negara) 2018 kategori PPT Pratama Teladan yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). (uul)