Pakde Karwo Resmi Jabat Wantimpres

129

Mantan Gubernur Jatim, Pakde Karwo resmi dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) untuk periode 2019-2024. Melalui Keputusan Pesiden Nomor: 137/P/2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Pakde Karwo bersama 8 anggota wantimpres lainnya di istana negara, Jumat (13/12/2019) sekitar pukul 14.30 Wib. Selain Pakde, anggota Wantimpres yang dilantik adalah, 1. Wiranto sebagai Ketua merangkap Anggota; 2. Agung Laksono (Partai Golkar); 3. Arifin Panigoro (Pengusaha); 4. Sidarto Danusubroto (PDIP); 5. M. Mardiono Bakar (PPP); 6. Dato Sri Tahir (Pengusaha); 7. Habib Lutfi bin Yahya (Ulama); dan 8. Putri Kuswinu Wardarni (Pengusaha).
Presiden Jokowi mengemukakan, salah satu pertimbangan memilih sembilan anggota Dewan Wantimpres periode ini adalah rekam jejak, dan pengalaman di bidang masing-masing.
Kecuali itu, juga terkait dengan kapabilitas dan integritas. “Saya kira beliau-beliau ini ya memiliki kapasitas untuk memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presiden, baik diminta maupun tidak diminta. Saya kira beliau-beliau memiliki kapasitas yang baik,” kata Jokowi menjawab wartawan usai melantik anggota wantimpres.
Presiden Jokowi lalu mencontohkan, anggota Wantimpres yang berkaitan dengan sosial keagamaan, misalnya Gus Luthfi (Habib Lutfi bin Yahya). Lalu yang berkaitan dengan ekonomi, misalnya, Dato Tahir.
Terkait pemilihan Wiranto sebagai Ketua Wantimpres, Presiden menilainya, lantaran mantan Menko Polhukam pada Kabinet Kerja itu sudah memiliki track record dan pengalaman ang panjang di pemerintahan, juga di TNI.
“Saya kira itu, menangani banyak masalah. Ini kan memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presiden,” tutur Presiden. (*)

Baca Juga  Sarat Rasa Kemanusiaan, Bude Karwo Sebut YKI Jauh dari Kata Komersil