Pameran Buah dan Festival Nanas di Sugihwaras

443
Desa Sugihwaras gelar festival nanas dan pameran buah

Desa Sugihwaras, Kabupaten Kediri, semakin eksis dalam dunia perbuahan. Tahun 2019 ini, kembali digelar Festival Nanas dan Pameran Buah yang digelar di Lapangan Desa Sugihwaras, tepatnya di depan Gedung Teater Kelud, 7-8 September.

Dalam festival tersebut diikuti 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri yang ditempatkan pada 13 stan. Setiap kecamatan memamerkan produk buah unggulan yang ada di wilayahnya masing-masing. Seperti Kec. Ngasem, membawa produk unggulan labu madu, sedangkan Kec. Gampengrejo membawa produk semangka.

Begitu juga kecamatan lainnya membawa produk unggulan, seperti nanas dari Ngancar, nangka madu dari Ringinrejo, mangga podang dari Grogol, Tarokan, Banyakan dan lain sebagainya.

Festival Nanas dan Pameran Buah itu dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Kediri, Anang Widodo. Usai pembukaan, Anang mengatakan pameran buah digelar selama dua hari, 7-8 September 2019. Kegiatan ini merupakan rangkaian Agenda Festival Kelud 2019.

Baca Juga  Mangrove Lestari, Dampaknya Ekonomi

Selain pameran buah juga ada festival nanas, yang terdapat gunungan nanas setinggi 5 meter, dengan jumlah nanas sekitar 5.700 buah. Tahun ini para peserta mengikuti kirab nanas mulai dari Balai Desa Sugihwaras hingga lokasi gunungan. Ini sebagai wujud syukur petani dan pedagang nanas kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Nanas yang dikirab dibuat seunik mungkin dan dinilai, yang paling bagus dan kreatif dipilih sebagai pemenang. Pada Minggu (8/9), nanas tersebut dibagikan secara gratis kepada para pengunjung. Penyelenggaraan festival nanas merupakan upaya promosi wisata unggulan Gunung Kelud agar lebih dikenal. Ini juga bentuk sinergi antara pertanian dan pariwisata.

“Jangan lupa jika datang ke Kelud, pulang membawa oleh-oleh buah nanas dan buah lainnya khas Kab. Kediri. Dengan begitu perekonomian petani meningkat. Kunjungan wisata pun juga meningkat,” kata Anang. (*)