Pembangunan Berhasil, Khofifah Terima Penghargaan Pembangunan Daerah 2019

25
Gubernur Khofifah Terima PPD Tingkat Provinsi 2019 dari Presiden Jokowi.

Keberhasilan Pemprov Jatim dalam mendorong pembangunan di seluruh wilayah diapresiasi pemerintah pusat dengan memberikan penghargaan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019. Penghargaan tersebut diserahkan Presiden Jokowi kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dihelat di Hotel Shangrilla, Jakarta, Kamis (9/5).

Jatim berhak menerima penghargaan tersebut karena dinilai Bappenas RI mampu mengembangkan sinergitas antar sektor antar wilayah dalam tematik pengembangan kawasan argopolitan/minapolitan. Penilaian terdiri dari perencanaan utamannya pada tahun 2018 dan implementasinya pada kinerja di tahun yang sama. Pada sisi yang lain, fokus utama dari penilaian tersebut yakni lebih kepada inovasi yang dimunculkan serta berkontribusi dalam realisasi kinerja.

Gubernur Khofifah Bersama Peraih penghargaan PPD 2019 berfoto bersama dengan Presiden Jokowi dan Menteri Bapennas RI

Gubernur Khofifah menjelaskan, terdapat lima indikator kinerja utama yang melebihi target yang ditetapkan dalam rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2018. Kelima indikator tersebut antara lain, laju pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran terbuka, penurunan disparitas, serta penurunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Capaian tersebut dinilai Tim PPD yang terdiri dari Bapenas, Kemendagri, dan tim penilai independen dari perguruan tinggi pengamat, hingga tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden RI Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara dengan ekonomi terkuat nomor lima di dunia. Bahkan, ekonomi Indonesia bisa menjadi nomor empat pada 2045. Asalkan, setiap kementerian/lembaga serta daerah memiliki kemauan untuk berbenah.

Ia pun meminta kepala daerah untuk fokus pada pengembangan pada sektor infrastruktur. Tugas dari pemerintah pusat adalah menyiapkan infrastruktur, salah satunya jalan tol. Maka, daerah harus segera menyesuaikan dengan membangun kawasan-kawasan atau jalan-jalan di daerah yang mendukung terciptanya peningkatan ekonomi di daerah. (uul, hms)