Pemkab Pasuruan Galang Kerjasama dengan UMKM

389

Pemkab Pasuruan memaksimalkan sinergi dan koordinasi antar-Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam upaya percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sekaligus melaksanakan upaya pemulihan dan layanan dasar di daerah secara menyeluruh.

Di tengah pandemi virus corona Dinas Koperasi dan Usaha Mikro terus memberikan pendampingan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tujuannya agar mereka tetap berkembang dan tumbuh.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan, Ahmad Khasani, mengatakan, ada beberapa bentuk pendampingan yang dilakukan. Ini dilakukan dengan lebih menggiatkan lagi para pelaku UMKM agar memanfaatkan e-commerce sebagai strategi pemasaran produk.

“Selain itu, kami juga terus mendorong para pelaku UMKM agar senantiasa berkolaborasi dengan sesama pelaku UMKM lain. Sehingga mereka bisa tetap hidup dan berkembang di situasi saat ini. Termasuk mendukung tersedianya pangsa pasar yang dibutuhkan,” tuturnya.

Baca Juga  Batik Khas Kampung Pesilat Warnai Fashion Show

Menggalang sinergi dengan sejumlah pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten Pasuruan juga diwujudkan dalam bentuk kerjasama pengadaan masker untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Masker tersebut akan dibagikan ke masyarakat melalui Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kami melakukan pengadaan masker dari sejumlah pelaku UMKM yang ada di Kab Pasuruan. Semuanya dibagikan ke masyarakat lewat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan,” ujarnya melalui Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan.

Di sisi lain, pihaknya menginventarisir pelaku UMKM untuk mengetahui apakah ada yang memiliki tanggungan kredit ke bank atau tidak. Ini dilakukan terkait kebijakan pemerintah pusat tentang pemberian stimulus relaksasi kredit cicilan dan bunga selama 6 bulan bagi penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selanjutnya dilakukan pendampingan dan fasilitasi ke bank atau lembaga keuangan. (*)