Pemprov Jatim Ajak Warga Hidup Bersih dan Sehat melalui Edukasi Cuci Tangan

291

Pemprov bersama Polda Jatim menggelar gerakan Jatim Sehat, Minggu (8/3). Gerakan tersebut dimaksudkan mengajak masyarakat hidup sehat melalui pemberian edukasi tata cara cuci tangan secara baik dan benar.

Setidak enam ribu warga akan mengikuti jalan santai bertema ‘Jatim Sehat’ melawan virus corona di area Care Free Day dari Taman Bungkul hingga Perempatan Jalan Polisi Istimewa Surabaya (Monumen Polisi Istimewa). Rencananya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak bersama unsur Forkopimda Jatim, Kapolda Jatim bersama jajaran, dan  Pangdam V Brawijaya bersama jajaran akan hadir di sana.

Kegiatan ini serentak juga akan digelar di kabupaten/kota seperti Mojokerto Sehat dan Jombang Sehat. Ini dilakukan guna memberikan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat tentang perlunya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cuci tangan secara baik dan benar.

Baca Juga  Olahraga Harus Jadi Daya Tarik Semangat Baru Jawa Timur

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto (7/3) mengatakan, maksud dan tujuan #jatimsehat adalah mengajak masyarakat hidup bersih dan sehat dengan melakukan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Makan dengan makanan bergizi dan sehat dan  melakukan olahraga dan aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran.

Dengan kegiatan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, akan menekan/mengurangi infeksi/penularan penyakit, salah satunya yang saat ini sedang berkembang yakni virus corona (Covid 19). “Harapan kami, masyarakat menjaga kesehatan dan tetap menjaga pola hidup sehat seperti makan sayur, buah dan yang lainnya,” ungkap Benny.

Pemprov Jatim berharap seluruh masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Edukasi dan sosialisasi oleh Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim dilakukan untuk memberikan pemahaman bahwa virus corona bukanlah hal yang harus ditakuti dan tidak perlu dibuat panik. Asalkan membiasakan hidup bersih dan senantiasa menjaga kesehatan serta mengonsumsi makan yang sehat, maka tidak akan ada virus corona di dalam tubuh.

Baca Juga  DWP Sumenep Gelar Pelatihan Merajut

Pada kegiatan #JatimSehat dilakukan dengan menggelar long march dari patung Suro dan Boyo di depan Kebun Binatang Surabaya melintasi Raya Darmo hingga Monumen Polri di Jalan Polisi Istimewa.

Juga akan ada senam bersama, cuci tangan bersama dan pemeriksaan kesehatan sederhana oleh 9 RS dan IDI.  Pemberi penyuluh Dr Darsono dr SpP (k) Ketua Pinere (penyakit infeksi emerging dan reemerging) RS dr Soetomo, dan Dr Resty Yudhawati  Sp P ahli paru konsultan infeksi RS dr Soetomo. (*)