Pentingnya Hidup Sehat

131

Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan hidup sehat secara mandiri dan tepat.

Kepala Dinas Kesehatan Jatim  dr Herlin Ferliana, mengatakan, kepedulian terhadap pola hidup sehat masyarakat tersebut kini selalu dan makin digalakkan. Dia mengatakan, tujuan umum dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan.

Menurut dia, hal ini menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan serta menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk. Bahkan menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan.

Guna mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan Germas di daerah, khususnya di Provinsi Jawa Timur, yakni dipantau setiap 6 bulan sekali untuk mendapatkan informasi kemajuan pelaksanaan kegiatan.

Ada tiga komitmen dalam memperkuat Germas. Pertama, gerakan promotif dan preventif dapat dilakukan dengan cara mengubah pola hidup menjadi pola hidup yang sehat. Antara lain sosialisasi makan sehat artinya makan dengan cara menjaga gizi seimbang, membiasakan makan buah dan sayur secara rutin dengan mengusahakan untuk mengonsumsi produk dalam negeri.

Baca Juga  Akhirnya Terjuni Politik Praktis

“Selain itu membiasakan diri berolahraga setiap hari minimal setengah sampai satu jam. Juga hidup bersih termasuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata dia.

Kedua, gerakan memeriksakan diri atau check kesehatan setiap enam bulan sekali merupakan gerakan mendeteksi penyakit sedini mungkin. Pemeriksaan kesehatan secara rutin ini bisa dilakukan di Puskesmas ataupun pada saat bakti sosial check kesehatan secara gratis yang biasa diadakan oleh lembaga-lembaga masyarakat.

Ketiga, menjadikan Germas sebagai gerakan pemberdayaan masyarakat, sehingga gerakan hidup sehat menjadi kebiasaan yang tertanam di setiap individu.(*)