Pertemuan Forikan Jatim, Arumi Masak Bareng Chef Sisca Soewitomo

22
Ketua Forikan Jatim Arumi Emil Dardak memasak bersama Chef Sisca Soewitomo.

Ada yang menarik dalam pertemuan Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Jatim yang diselenggarakan di Dyandra Convention Center, Kamis (11/7) pagi. Dalam acara yang dihadiri Ketua Umum Forikan, Ketua Forikan kabupaten/kota se-Jatim, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten/kota se-Jatim itu, Ketua Forikan Jatim Arumi Emil Dardak berkesempatan memasak sarden bandeng bersama chef legendaris Indonesia, Sisca Soewitomo.

“Dulu saya pernah memasak bareng Mbak Arumi di siaran televisi saya,” kata Sisca setelah meminta Arumi ke panggung untuk memasak bersama.

Arumi tampak luwes menjadi ‘asisten’ chef yang dijuluki Ratu Boga Indonesia itu. Sambil mengaduk bumbu sarden yang dipanaskan di penggorengan, Arumi juga bercerita mengenai menu kesukaan keluarganya.

Setelah memasak sarden bandeng bersama Arumi. Sisca lanjut memasak menu kedua, yakni ikan dori bumbu telur asin. Chef yang kini berusia 70 tahun itu menjelaskan, saat ini bumbu telur asin atau yang kerap disebut dengan istilah salted egg sedang hits. Banyak restoran atau kafe yang memasang salted egg dalam daftar menunya. Setelah memasak dua menu tersebut, Sisca membagikan masakannya kepada hadirin.

“Saya usul kepada Mbak Arumi untuk bikin acara masak untuk anak-anak usia 10-15 tahun, karena anak-anak sekarang suka masak. Masaknya berbahan ikan biar sehat, cerdas, dan kuat, dan jadi generasi platinum,” ujar Sisca.

Sementara itu, Arumi menjelaskan alasannya mengundang chef Sisca Soewitomo. Menurutnya, jika acaranya hanya lomba memasak, maka ibu-ibu akan bosan karena setiap hari memasak di rumah. Untuk itu, dia mengundang chef Sisca Soewitomo yang menjadi idola ibu-ibu.

“Bu Sisca ini chef yang menjadi idola ibu-ibu sejak lama, mungkin mengingatkan ibu-ibu ketika belajar masak atau awal-awal menikah. Alhamdulillah, pas dapat waktu beliau,” ujar Arumi.

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak ini juga mengaku mengidolakan chef Sisca. Sejak kecil Arumi sering menonton acara masak yang dipandu chef kelahiran Surabaya ini. (uul)