Pilkades Tulungagung: Petahana Tawing Melenggang, Tiudan Tumbang

74
SUAMI ISTRI. Pilkades di Desa Tawing, Kec. Gondang, Tulungagung diwarnai dengan persaingan calon suami istri. Sang suami, Nanang Setiawan, yang merupakan calon petahana akhirnya menang mutlak dari sang istri.

Pilkades serentak di Kabupaten Tulungagung yang digelar hari ini, Selasa (9/7) berlangsung cukup semarak. Antusiasme pemilih terasa sejak pagi hari. Ribuan masyarakat berbondong-bondong ke TPS yang rata-rata digelar di kantor desa, lapangan serta komplek sekolah. Tidak terkecuali di Desa Tawing dan Tiudan yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Gondang.

Di dua desa itu, tingkat partisipasi pemilih terbilang cukup tinggi. Yang membedakan, adalah hasilnya. Di Desa Tawing, calon petahana, Nanang Setiawan, menang mutlak mengalahkan satu rivalnya, Resmi Murdi Andari, yang tak lain adalah istrinya sendiri.

Di Pilkades kali ini, Nanang yang macung untuk periode ketiga memang dengan mudah melenggang lantaran pesaingnya adalah istrinya sendiri. Dari hasil perhitungan suara, Nanang meraup dukungan sebanyak 1.534 suara. Sedang istrinya, Murdi, hanya meraih 144 suara.

‘Alhamdulillah,.. Ini saya memang maju sama istri, mas,’’ ujar Nanang kepada Derap Desa.

Kondisi yang berbeda terjadi di Desa Tiudan. Di desa itu, calon kades petahana, Wajib Efendi, justru tumbang dengan penantangnya, Muji Rahayu Kundari. Dari hasil rekap perhitungan suara di 6 TPS, Kundari berhasil meraih 2.981 suara. Sedang calon petahana hanya meraih 2.426 suara.

Calon petahana Desa Tiudan, Wajib Efendi, akhirnya harus mengakui kekalahannya dari rival beratnya, Muji Rahayu Kundari dengan selisih 555 suara.

Dengan selisih 555 suara itu, Muji Rahayu Kundari yang tak lain istri dari mantan Kades sebelumnya, Asrori, akhirnya melenggang ke pendopo Tiudan. Asrori sendiri saat ini juga tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Tulungagung dari Partai Golkar. Ia juga memenangi pemilihan legislatif di dapilnya untuk periode kedua, 17 April lalu.

Atas kemenenagan itu, Kundari pun menyatakan rasa syukurnya. Ia hanya berharap, agar kepercayaan yang diberikan masyarakat Tiudan kepadanya bisa dilaksanakan dengan baik dan amanah. ‘’Mugi-mugi barokah tur (juga) manfaat,’’ ujarnya singkat.

Berdasar rekap panitia Pilkades Tiudan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades kali ini sebanyak 6.727 pemilih. Dari jumlah itu, angka partisipasi pemilih sebanyak 5.482 jiwa atau sekitar 81,4 persen. Sementara jumlah suara tidak sah saat coblosan sebanyak 75 suara. (yus)