Pilkades Gresik, Ketua AKD Maju Gandeng Istri

164
NGGANDENG ISTRI. Ketua AKD Kab. Gresik, Nurul Yatim dipastikan akan melenggang dengan mudah di Pilkades , 31 Juli mendatang karena menggandeng sang istri.

Meski perhelatan Pilkades serentak di Kabupaten Gresik tinggal dua puluh hari lagi, namun suhu politik di Desa Baron Kecamatan Dukun, tampaknya akan tetap adem ayem saja. Itu lantaran perhelatan politik lokal di desa ini tidak menghadirkan pertarungan yang sengit.

Pasalnya, kandidat kades yang akan bertarung di Pilkades Baron, 31 Juli mendatang merupakan pasangan suami istri. Kedua calon itu tak lain adalah, Nurul Yatim, calon kades (Cakades) petahana dan istrinya, Yulif Hidayati.

Dalam Pilkades kali ini, Nurul Yatim yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Gresik mendapat nomor urut 1. Sedangkan sang istri mendapat nomor urut 2. Saat Pilkades nanti, keduanya akan memperebutkan dukungan dari 1.678 pemilih yang telah ditetapkan sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Dengan jumlah DPT sebanyak itu, Pilkades Baron akan difokuskan di satu TPS yang ditempatkan di balai desa setempat. ‘’TPS-nya satu, tapi ada dua kotak suara,’’ jelas Nurul Yatim kepada Derap Desa.

Bagi bapak satu orang anak ini, kontestasi Pilkades semacam ini sebetulnya bukan hal baru di Desa Baron. Sebab, saat dua kali macung Kades di periode sebelumnya, persaingan yang terjadi di Baron juga tidak berlangsung sengit.

Pada tahun 2007, saat periode pertamanya macung Kades, ia maju tanpa rival alias hanya melawan bumbung kosong. Begitu pula saat ia macung untuk periode kedua tahun 2013-2019. Kala itu, ia kembali menjadi calon tunggal, hanya melawan bumbung kosong.

‘’Dulu itu peraturannya memang masih memperbolehkan. Kalau sekarang, peraturan  mewajibkan jumlah calon minimal dua orang, dan paling banyak lima orang,’’ ujar lulusan IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta ini.

Dengan kondisi yang demikian, maka bisa dipastikan Nurul Yatim akan kembali melenggang sebagai Kades Baron untuk periode ketiganya saat Pilkades mendatang. (yus)