Posyandu Jiwa Bongkot Jadi Tujuan Kaji Banding

51
Pelaksanaan kaji banding di Desa Bongkot

Posyandu Jiwa Pelita Harapan Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, menjadi salah satu unggulan desa tersebut. Bahkan beberapa daerah lain melakukan kunjungan studi atau kaji banding, termasuk dari Dinas Kesehatan Kab Ponorogo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jombang, dr Wahyu Sri Harini, menyatakan, kunci keberhasilan kegiatan Posyandu Jiwa adalah Kader Posyandu Jiwa serta partisipasi seluruh masyarakat, tiga pilar, khususnya keluarga.

Menurut dia, Jombang memiliki17 Posyandu Jiwa seperti di Bongkot,  beberapa saat yang lalu juga telah melatih dokter Puskesmas. Selain itu juga kader kesehatan jiwa dalam rangka memberi pelayanan kesehatan jiwa. “Namun semuanya bisa lenyap dan tidak berguna jika kita tidak melakukan monitoring dan evaluasi semua kegiatan,” katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, dr Yayuk DwiWahyuni MKes, mengungkapkan, maksud dan tujuan kaji banding. Yakni ingin melihat lebih dekat dan meniru Kabupaten Jombang dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa melalui Posyandu Jiwa.

Ia melanjutkan, Ponorogo baru mempunyai dua Posyandu Jiwa, sehingga perlu menggugah semangat para programmer jiwa Puskesmas yang saat itu mengikuti kaji banding agar termotivasi membentuk Posyandu Jiwa di wilayah kerja masing-masing. (*)