Potensi Zakat Jatim Capai Rp 213 Triliun

68
Gubernur Khofifah saat Pencanangan Gerakan Membayar ZIS melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prov. Jawa Timur

Siapa sangka, ternyata potensi ZIS (Zakat, Infak, Shodaqoh) Jatim secara nasional mencapai Rp 213 triliun. Namun, yang efektif hanya Rp 6 triliun. Potensi besar ini belum terakomodasi dengan baik. Untuk mendorong potensi ZIS di Jatim, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mencanangkan gerakan membayar ZIS melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prov. Jawa Timur dengan mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim.

Pencanangan tersebut dilakukan Khofifah di hari pertama puasa Ramadan, Senin (6/5) pagi di halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya. Menurut gubernur perempuan pertama Jatim itu, para ASN dinilai sudah berkecukupan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup layaknya.

“Kita bayangkan andai zakat bisa dimaksimalkan, tidak ada lagi musala yang tempat wudunya kurang layak, program-program penanganan fakir miskin akan lebih efektif. Kita juga bisa memberikan kita bisa memberikan ruang yang lebih baik untuk guru-guru ngaji,” pungkasnya.

Menurutnya, gerakan membayar ZIS melalui Baznas Prov. Jawa Timur menjadi jalan bagi ASN Pemprov Jatim untuk semakin meningkatkan ZIS. Bisa melalui pembayaran tunai, BPD serta Bank Mandiri.

“Kalau hari ini siapapun yang mau infak, shodaqoh, bahkan zakat juga bisa. Ada tiga opsi yang bisa dipilih dengan tim yang sudah disediakan oleh Baznas untuk mengkoordinasikan tiap-tiap OPD di pemprov,” jelasnya.

Khofifah menginginkan, gerakan serupa juga bisa digelar kembali pada pertengahan bulan Ramadhan. “Pada akhirnya, harapan kita keberkahan dan kemuliaan Ramadhan akan Allah turunkan ke bumi Jawa Timur,  ke ASN Jawa Timur, ke seluruh masyarakat Jawa Timur, dan tentu ke seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia,” harapnya.

Sesuai memberikan pengarahan, Khofifah memberikan shodaqoh sebesar Rp 25 juta melalui Baznas Prov Jatim. Hal ini kemudian diikuti para pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Jatim. (uul, hms)