Promosikan Desa Wisata via Medsos

127
Para peserta diskusi dan sharing desa wisata

Potensi objek wisata desa di Kabupaten Kediri terus digalakkan. Bahkan Bupati Kediri Hj Haryanti Sutrisno pun memberikan perhatian pada pengembangan objek wisata desa di wilayahnya. Seperti pada Senin (2/9) lalu, digelar sharing dan diskusi para pengelola desa wisata se-Kabupaten Kediri bersama Bupati Kediri di Wisata Balekambang Desa Jugo, Kec. Mojo.

Para pengelola wisata menyampaikan beberapa ide dan gagasan untuk memajukan wisata yang mereka kelola. Mulai dari promosi, pengembangan wisata dan infrastruktur penunjangnya.

Bupati Haryanti berpesan untuk memaksimalkan potensi masing-masing, harus tetap mengedepankan ciri khas. Mereka juga harus aktif berpromosi melalui media sosial, seperti instagram dan facebook. Karena media sosial merupakan sarana promosi yang murah, serta dilakukan kapan dan dimana saja.

“Ayo semua rajin posting melalui medsos. Apa pun potensi yang bisa dikembangkan, biasakan menjual lewat online. Karena itu yang saat ini efektif, cepat dan murah,” kata Bupati Haryanti.

Selain melalui media sosial, Bupati juga mengimbau agar disediakan papan petunjuk ke lokasi wisata. Hal itu akan memudahkan masyarakat yang berkunjung ke desa wisata. Papan dibuat semenarik mungkin agar daya tarik wisatawan juga meningkat.

Kegiatan tersebut mengundang beberapa satker terkait, seperti Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perikanan, Bagian Perekonomian, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Diharapkan satker-satker mengadakan kegiatan pelatihan bagi pengelola wisata.

Berbagai pelatihan diusulkan para pengelola desa wisata, di antaranya sertifikasi outbound, pemandu wisata, manajemen homestay, serta pemasaran online. Pelatihan itu diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan desa wisata dan kunjungan wisatawan. (*)