Ratusan Pemuda dan 25 BEM se-Jatim Ikuti Jambore Kebangsaan

47

Sebanyak 850 pemuda yang berasal dari 25 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jatim, Jumat (14/12) kemarin mengikuti Jambore Kebangsaan dan Kewirausahaan Jatim di Ubaya Training Center (UTC), Trawas, Mojokerto.

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Jatim, Pakde Karwo dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan ini dimaksudkan untuk mendorong para pemuda lebih cinta tanah air dan mahir dalam bidang kewirausahaan.

“Peran pemerintah bagi pemuda konsepnya enabling, yaitu, mendorong kreativitas. Sebab wirausaha itu inovasi dan kreativitas. Tapi harus tetap diingat, pemuda juga harus menjaga NKRI,” ujar Gubernur Jatim, Pakde Karwo saat membuka acara itu.

Gubernur Jatim, Pakde Karwo dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama para pemuda Jatim saat Jambore Kebangsaan dan Kepemudaan Jatim 2018, Jumat (14/12) di Trawas.

Salah satu bentuk dorongan pemerintah itu, lanjut Pakde, diwujudkan dengan kegiatan jambore bertema “Satu untuk Negeriku” ini. Melalui jambore, para pemuda diharapkan menjadi calon wirausaha yang handal. Karena selama jambore mereka akan diberi pendidikan kewirausahaan, diketemukan dengan pengusaha, dan difasilitasi pembiayaannya melalui perbankan.

‘’Dengan jambore ini, para pemuda di Jatim kita harapkan semakin bangkit jiwa wirausaha dan kreativitasnya,’’ harap Pakde.

Sementara, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan berpesan agar segenap pemuda turut menjaga NKRI agar tetap aman. Untuk itu, ia berharap jambore pemuda kali ini bisa mempererat persatuan organisasi kepemudaan di Jatim dan mampu memunculkan ide-ide baru.

“Kami akan berusaha merangkul seluruh organisasi kepemudaan atau kemahasiswaan untuk menjadi suatu wadah yang berskala regional atau nasional. Maka guna mewujudkan ‘satu untuk negeri’ ini, seluruh pemuda dan mahasiswa harus bersatu,” sarannya. (yus, hms)