Resep Cantik Semangka, Dari Masker Sampai Toner

44
Cantik dengan semangka. Foto: istimewa.

Buah semangka diakui sangat menyegarkan karena memiliki banyak kandungan air. Akan tetapi, tahukah bahwa semangka juga banyak mengandung vitamin A, C, antioksidan, dan 93% air yang bagus untuk perawatan kulit?

Ini dia 5 manfaat semangka untuk kecantikan wajah yang wajib kalian terapkan dan sayang untuk dilewatkan.

Sebagai Toner dan Lenyapkan Kulit Belang karena Terbakar.

Terik matahari bisa membuat kulit cepat terbakar. Akibatnya, warna kulit menjadi belang dan mengganggu penampilan. Ambil 100 gram semangka lalu blender. Saring sarinya, lalu usapkan jus tersebut sebagai toner wajah atau oleskan ke bagian kulit yang belang. Tunggu 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Untuk pudarkan kulit belang lebih cepat, campur jus semangka dengan jus mentimun dengan perbandingan.

Pudarkan Kerut Halus

Campur setengah buah alpukat dan 100 gram semangka hingga seperti krim. Oleskan ke wajah seperti masker (hindari area mata) lalu diamkan hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Penggunaan secara teratur dapat menghilangkan kerutan halus di wajah karena masker ini tinggi kandungan antioksidan.

Menghidrasi dan Hilangkan Kulit Kering

Tidak hanya hilangkan rasa haus karena kandungan airnya yang tinggi, semangka juga sangat berguna untuk menghidrasi kulit. Campur madu dengan jus semangka, lalu minum setiap hari. Campuran madu dan semangka juga sangat baik untuk masker. Jika diaplikasikan secara teratur, maka wajah segar dan tidak kering bukan lagi impian!

Membuat Kulit Semakin Glowing

Campur yogurt plain dan semangka, aduk hingga menyerupai krim. Oleskan ke wajah dan leher sebagai masker lalu diamkan selama 15 menit, bilas dengan air dingin. Masker ini mengandung lactic acid dan enzim yang bisa mengeksfoliasi kulit secara natural. Campuran yogurt dan semangka ini juga sudah dipercaya sebagai satu resep mencerahkan kulit yang paling banyak dipakai.

Redakan Jerawat

Potong tipis semangka, lalu tempelkan ke wajah sebagai masker. Bisa juga gunakan kapas yang telah direndam jus semangka, lalu gunakan sebagai kompres untuk bagian wajah yang berjerawat. Kandungan jus dalam semangka mampu mengurangi kadar minyak wajah secara signifikan. Pakai 2-3 kali seminggu selama 1 hingga 2 bulan penuh, maka hasil nyata akan langsung terlihat. (*)