Sahur Akbar, Khofifah Takjub Masyarakat Antusias Hidupkan Masjid

99
Gubernur Khofifah menguleg sambel untuk persiapan sahur akbar di Masjid Al-Akbar Surabaya. Foto : istimewa.

Memasuki malam10 terakhir bulan Ramadan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengikuti sahur akbar bersama 40 ribu jamaah dan Tagana di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Ia mengaku kagum dan bangga, sebab, banyak masyarakat turut meramaikan dan menghidupkan masjid. Terutama pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Ia menambahkan, dalam kurun waktu tersebut, banyak masjid dan musala yang terus diramaikan. Terutama oleh masyarakat yang memusatkan aktivitas untuk beribadah.

“Saya bangga seluruh masyarakat mempunyai semangat untuk senantiasa memuliakan malam 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Bahkan, banyak orang tua membawa keluarga, putra-putrinya, mengikuti Salat Malam Qiyamul Lail,” katanya, Sabtu (1/6).

Ia berharap, dengan fenomena tersebut bisa mengikis dosa. Sekaligus menjadi sarana amal diterima Allah SWT.

Sementara itu, sebelum Khofifah melaksanakan Salat Qiyamul Lail yang meliputi Salat Tahajud, Hajat, dan Tasbih, pihaknya mengunjungi Tagana yang tengah memasak untuk keperluan sahur. Tak hanya itu, gubernur perempuan pertama Jatim itu juga turut menguleg sambal sebagai pelengkap menu makanan. Ia juga mengapresiasi mereka, sekaligus berterima kasih.

“Alhamdulillah masakannya sedap. Baunya kecium dari sini. Matur nuwun, nggih sudah meluangkan masak untuk keperluan jamaah salat malam,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Prov. Jatim Sukesi mengungkapkan sahur akbar yang mendatangkan Tagana itu diikuti 220 pemasak dari berbagai kabupaten. Mereka adalah perwakilan Tagana dari Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Blitar, Trenggalek, Madiun, Tuban, Jombang, Ponorogo, Gresik. Juga Kota Pasuruan, Mojokerto dan Tim FK Tagana Jatim.

“Inshaallah terdapat 220 chef atau pemasak dari perwakilan Tagana provinsi dan tagana kabupaten kota di Jatim. Mereka akan melayani 10 ribu porsi lebih makan sahur akbar bagi jamaah yang mengikuti salat malam, guna memeroleh Malam Lailatul Qodar di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya,” pungkasnya. (frd, hms)