Sebulan, Tambah Koleksi Lima Penghargaan

76

KINERJA Pemprov Jatim selama tahun 2017 seakan ditutup dengan capaian prestasi nan gelimang. Betapa tidak, dalam kurun sebulan, lima penghargaan berhasil diraih Jatim di penghujung tahun lalu. Apa sajakah?  

Pemprov Jatim tak berhenti mengukir prestasi. Tak cukup dengan deretan prestasi yang diraih sejak awal 2017, kini di penghujung tahun, Pemprov Jatim kembali mempersembahkan sejumlah prestasi. Tak tanggung-tanggung, provinsi yang dipimpin Gubernur Pakde Karwo ini berhasil meraih lima penghargaan sekaligus.

Penghargaan tersebut adalah Dana Rakca dari Menteri Keuangan RI, Akuntan Award dari Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntansi Indonesia (DPN IAI), Leadership Award dan Innovative Goverment Award dari Menteri Dalam Negeri RI, dan terakhir Anugerah KASN dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Pemprov Jatim menerima Dana Rakca Award karena memiliki kinerja baik dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan layanan dasar publik dan perekonomian daerah. Kecuali itu, Pemprov Jatim juga layak menerima anugerah tersebut lantaran telah memenuhi berbagai kriteria utama. Di antaranya, telah mendapatkan opini WTP atau WDP dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), serta bisa menetapkan Perda APBD tepat waktu.

Penghargaan tersebut diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Pakde Karwo di Istana Kepresidenan, Bogor, Rabu, 6 Desember 2017. Istimewanya, Jatim tak hanya menerima penghargaan di tingkat provinsi. Ada empat daerah yang juga menerima anugerah Dhanapala dari Menteri Keuangan. Yakni, Kab. Banyuwangi dan Kab. Mojokerto untuk tingkat kabupaten. Kota Surabaya dan Kota Batu untuk tingkat kota.

Sekira satu minggu kemudian, Pemprov kembali meraih penghargaan Akuntan Award 2017. Kali ini penghargaan ditujukan langsung kepada Pakde Karwo. Penghargaan diserahkan Ketua DPN IAI Prof Mardiasmo dan Ketua Dewan Penasihat Nasional IAI Dr Moermahadi Soerja Djanegara pada pembukaan seminar internasional IAI di Hotel Crowne Plaza Semarang, Kamis, 14 Desember 2017. Penyerahan penghargaan juga disaksikan Wapres RI Jusuf Kalla.

Ketua DPN IAI Prof Mardiasmo menyatakan, penghargaan tersebut diberikan karena dedikasi, prestasi, inovasi dan kontribusi Pakde Karwo dalam implementasi governance, transparansi, dan akuntabilitas di Indonesia. Hal itu turut mengangkat citra profesi akuntan di mata masyarakat.

“Terimakasih atas kepercayaan IAI. Penghargaan ini sebagai keberhasilan semua pihak, baik Pemprov Jatim sebagai teamwork maupun masyarakat Jatim secara keseluruhan dalam mengelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” kata Pakde Karwo.

Ia berharap, penghargaan itu dapat mendorong Pemprov Jatim memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, demi mewujudkan good governance.

Kepemimpinan Inovatif

Selain dua penghargaan itu, berkat kepemimpinan yang inovatif, Pakde Karwo mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari pemerintah pusat. Yakni, Kepemimpinan Kepala Daerah/Leadership Award terbaik Tahun 2017 dan peringkat kedua Innovative Government Award (IGA) 2017.

Leadership Award merupakan apresiasi kepada para pemimpin daerah yang sudah berdedikasi memajukan daerahnya sesuai harapan masyarakat, memenuhi janji kampanye dan melakukan tata pemerintahan yang bersih. Para penerima Leadership Award dinyatakan bagus dalam beberapa varibel. Yakni, kapabilitas, akseptabilitas, kompatibilitas, kredibilitas, integritas, rekam jejak dan inovatif.

Sedangkan IGA Award adalah penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang melakukan inovasi dalam pelayanan publik. “Leadership itu kemampuan menggerakkan orang lain dalam mencapai tujuan, tapi serasa tidak digerakkan. Leadership ini juga mengajak ASN untuk bersama-sama menggerakkan potensi pembangunan menuju kesejahteraan,” terang Pakde.

Dia menjelaskan, salah satu yang diukur dalam leadership adalah seberapa jauh janji kampanye para kepala daerah sudah terealisasi. Mendagri sudah tiga kali melakukan survei kepada para gubernur yang akan habis masa jabatannya, termasuk dirinya. Hasilnya, 95 persen janji kampanye telah terealisasi.

Selain Pakde Karwo, beberapa bupati/walikota dari Jatim juga meraih penghargaan ini. Penghargaan Leadership Award kategori bupati/walikota diraih Walikota Surabaya, Bupati Banyuwangi dan Bupati Lamongan. Sedangkan IGA Award peringkat pertama kategori kota diraih Kota Surabaya dan kategori kabupaten diraih Kab. Gresik. Beberapa kab/kota di Jatim yang juga meraih penghargaan ini adalah Kota Probolinggo, Kab. Malang, dan Kab. Madiun. (uul, dbs)