Segarnya Tom Yam Kuah Bening ala Restoran Al-Hilal

165

Jika mendengar tom yam, pasti yang terbayang adalah sup khas Thailand yang berkuah merah dan berisi aneka seafood dan sayuran. Tapi, tidak demikian dengan tom yang ala restoran Al-Hilal. Restoran halal yang beralamat di Krungthep Kreetha Frontage Road, Distrik Saphan Sung, Bangkok, Thailand ini menyajikan tom yam yang berbeda dari biasanya.

Tom yam yang disajikan Al-Hilal berkuah bening. Isinya sama seperti tom yam kuah merah: aneka seafood seperti udang dan cumi, serta sayuran seperti jamur dan daun ketumbar Vietnam. Rasanya segar, sedikit asam, dan pedas. Khas masakan Thailand. Sangat cocok disantap saat makan siang.

Menurut penjelasan Arun, pemandu wisata yang memandu Derap Desa selama di Thailand, tom yam kuah bening dulu sering ditemukan di Thailand. Akan tetapi, sekarang jarang ditemui. Hanya sedikit yang membuatnya, salah satunya restoran Al-Hilal ini.

“Tom yam kuah bening menjadi menu andalan di restoran ini,” jelasnya.

Untuk menemani tom yam ini, Anda juga bisa memesan menu lainnya yang tidak kalah enak. Ada tumis sayuran, ikan goreng bumbu asam manis, ayam fillet krispi, dan telur dadar. Sebagai pelengkap, ada sambal chilli fish sauce dan saus sambal khas Bangkok. Kombinasi menu makan siang yang sempurna.

Sebagai restoran yang menyajikan makanan halal, pegawai wanita di restoran ini wajib berjilbab. Suasana islami tampak dari hiasan dinding yang terpajang di beberapa sudut. Tampak hiasan dinding bergambar ka’bah dan rumah khas Timur Tengah serta guci bertuliskan kaligrafi Arab.

Untuk memfasilitasi pengunjung muslim beribadah, Al-Hilal juga menyediakan musala yang representatif. Di depan musala tersedia meja dan kursi untuk bersantai. Ada juga toko kecil yang menyediakan makanan kecil, minuman ringan, dan es krim.