Sekda Tuban Tekankan Sinergitas CSR dan Program Pemda

194
  • TUBAN – Sekretaris Daerah Kab. Tuban Dr Ir Budi Wiyana MSi membuka kegiatan Koordinasi Forum CSR (Corporate Social Responsibility) Kabupaten tahun 2019 di kantor Pemkab Tuban, Senin (04/03/2019). Kegiatan ini dihadiri Kepala Bappeda Tuban, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangaunan; serta 80 perwakilan perusahaan di Kabupaten Tuban.

Sekda Budi Wiyana menyampaikan, kegiatan ini menjadi media koordinasi dan sinergitas antara Pemkab Tuban dan perusahaan terkait pelaksanaan program CSR. Hal ini menjadi langkah awal penyelarasan antara program CSR perusahaan dengan program prioritas Pemkab Tuban. Acara ini juga untuk mengevaluasi program CSR tahun lalu. Pada tahun lalu program CSR kurang optimal karena belum maksimal bersinergi.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menambahkan, program CSR merupakan tanggung jawab sosial bagi perusahaan wajib dilakukan. Mesti demikian, Pemkab tidak membatasi ranah program CSR perusahaan. Program CSR tersebut dapat bersifat fisik maupun bersifat pemberdayaan masyarakat yang menyentuh sektor ekonomi, pendidikan, dan sosial.

Baca Juga  Camat Parengan Purna Tugas, Bupati Berpesan Harus Bisa Lebih Sejahtera

Lebih lanjut, program CSR mampu melahirkan simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat. Melalui CSR, Masyarakat dapat merasakan dampak positif dan ikut merasa memiliki perusahaan tersebut. Hal ini penting guna keberlangsungan perusahaan.

“Tidak hanya di wilayah ring satu perusahaan, tapi dapat diperluas ke beberapa wilayah lain di Tuban,” tutur Budi Wiyana.

Pasca koordinasi ini, pihaknya berharap lahirnya terobosan baru yang dapat mendukung peranan perusahaan-perusahaan dan bersinergi dengan Pemkab Tuban dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Wali. Dia menginstruksikan agar program CSR yang telah dilakukan perusahaan dapatnya dipublikasikan kepada masyarakat. Melalui cara itu, masyarakat dapat mendukung keberadaan perusahaan. Tujuan akhirnya untuk memajukan daerah kabupaten Tuban yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2018 perusahaan yang telah melaporkan program CSR sebanyak 30 perusahaan dengan realisasi anggaran mencapai Rp 35.198.412.797.  Adapun proporsi peruntukan dana CSR tahun 2014-2018 terdiri atas ekonomi, pendidikan, kesehatan, fisik/Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan bentuk lainnya. (via, hms)