Semanggi Nutrifood, Gelorakan Semangat Hidup Sehat Lewat Makanan

303
Sindy saat membuat menu vegetable salad.

Kuliner satu ini tak sekadar membuat perut yang lapar jadi kenyang. Lebih dari itu, menu yang ditawarkan Sindy Anneo M (27), pemilik usaha kuliner Semanggi Nutrifood asal Kab. Jombang tersebut juga membuat tubuh pelanggannya ikut senang. Satu hal yang ingin dirubah; diet bukan berarti tidak makan, tapi mengatur pola makan.

WORTEL yang diiris kecil-kecil memanjang itu ditaburkan untuk melengkapi menu vegetable salad. Pembuatnya adalah Sindy, perempuan yang selama enam tahun ini aktif menekuni berbagai olahan makanan sehat dan bergizi.

Sebelum berwirausaha di bidang kuliner, ia adalah mahasiswi jurusan ahli gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Karya Husada Pare Kediri. Salah satu STIKES tertua di Jawa Timur. Nah, karena proses belajar mengajar serta seringnya medapat tugas pendampingan balita gizi buruk, ia semakin suka memasak dan bercita-cita memiliki usaha di bidangnya.

Tahun 2013 ia mengawali usahanya dengan membuat kudapan sehat untuk balita. Mulai abon, galantin dan bakso. Semua itu, kata dia, dibuat tanpa Monosodium glutamat (MSG) atau micin penyedap rasa dan bahan tambahan kimia lainnya yang berbahaya. Lambat laun ia pun mengembangkan dengan membuat aneka olahan yang bisa dinikmati segala usia. Salah satunya, cake jagung yang kaya provitamin A.

“Dari situ awal mula saya semakin mengasah kreativitas sehingga memiliki ide untuk membuat catering sehat ini. Akhirnya, dengan dukungan orang terdekat tercetuslah catering sehat ini dengan nama Semanggi Nutrifood. Semanggi sendiri memiliki makna Semangat Makan Bergizi,” tutur wanita yang aktif di Komunitas Muslimah Pengusaha itu.

Ia menyampaikan, saat ini banyak khalayak yang menganggap diet itu hanya turun berat badan, tidak makan atau makan hasil kukusan saja. Padahal, lanjut dia, diet yang sesungguhnya adalah mengatur asupan atau pola makan yang baik sesuai keperluan tubuh masing-masing orang. Misalnya; penderita diabetes harus diet rendah gula, penderita hipertensi harus diet rendah garam, dan lain sebagainya.

“Jangan sampai kita tulalit karena tidak cukup asupan. Kita harus pandai memilih bahan. Biasanya yang pakai ayam bagian sayap atau kulit harus diganti dada yang kadar lemaknya sedikit. Cara mengolah juga diperhatikan. Biasanya yang suka digoreng atau dimasak jadi hidangan kuah berminyak bisa diganti bakso tanpa tepung, galantin atau sup tanpa minyak. Sehingga kita kenyang, tubuh pun senang,” jelasnya meyakinkan.

Semanggi Nutrifood kini punya inovasi dengan menawarkannya dalam bentuk program. Yaitu; program full healthy food (lunch box and dinner box), program lunch healthy food (lunch box) dan program detox juice yang juga bagus untuk memperlancar ASI. Harganya paketnya mulai Rp 200 ribu sampai Rp 700 ribu untuk 3 hari sampai 12 hari.

Selain menawarkan paket tersebut, perempuan yang pernah bekerja sebagai ahli gizi makanan pasien di rumah sakit ini juga tak segan mengajari pelanggannya yang ingin belajar memasak atau mengatur pola makan sehari-hari. Jadi tidak hanya orang tersebut saja, tapi keluarganya juga ikut berinvestasi menua bersama dengan sehat.

Kedepan, ia memiliki dua harapan besar. Pertama, usahanya bisa berkembang menjadi perusahaan penyedia layanan makanan diet sehat. Kedua, bisa merubah maindset masyarakat soal diet sesuai pedoman gizi. “Diet itu seperti kasih ibu. Harus dilakukan sepanjang masa. Maka dari itu saya merancang menu beraneka ragam agar pelanggan tidak bosan,” pungkasnya. (fan)

Menu Simple untuk Pekerja

Salah satu menu simple yang diberikan Semanggi Nutrifood untuk para pekerja yang sibuk atau ingin menu sehat. Bisa disiapkan saat malam hari.

  • 3 sdm biji chia yang sudah direndam
  • 1 buah pisang potong dadu
  • 1 sdt dark chocholate/kopi sesuai selera (tanpa gula)
  • 4 sdm oatmeal yang sudah diseduh dengan susu skim hangat
  • Campurkan oatmeal seduh + bubuk dark chocholate + sebagian pisang dadu
  • Masukkan ke cup adonan tadi
  • Tambahkan pisang dadu
  • Tambahkan biji chia
  • Boleh disusun bergantian biar cantik
  • Terakhir beri topping biji chia + almond + buah (sesuai selera)
  • Tutup rapat, simpan di pendingin, besok siap dibawa ke kantor