Sempat Vakum, Silaturrahmi AKD Jatim Siap Gelar Pra Musda Maret 2020

260

BLITAR – Lama tak terdengar kabarnya, hari ini, Minggu (16/2/2020), pegiat Asosiasi Kepala Desa (AKD) dari berbagai kabupaten di Jatim akhirnya menggelar kegiatan silaturrahmi.

Kegiatan yang digelar di Hotel Grand Mansion, Kota Blitar ini menyusul telah habisnya masa jabatan Kades Tuliskriyo, Kab. Blitar, Teguh Subandono, selaku Ketua AKD Jatim dan sempat vakumnya kegiatan AKD dalam beberapa tahun terakhir.

Teguh Subandono dalam sambutannya di hadapan para sejawatnya pun mengakui akan kondisi tersebut. Lantaran itu, ia menyambut baik langkah pro aktif dari sejumlah pengurus AKD kabupaten yang menginginkan digelarnya silaturrahmi ini.

“Masa jabatan saya sebagai kades sudah habis. Maka, akan lebih baik jika hari ini mulai disiapkan agenda pra musda,” ujarnya menyerahkan mandat.

Heru Sulthan, Ketua Paguyuban Kades Sidoarjo yang menjadi salah satu inisiator kegiatan silaturrahmi kali ini pun mengaku lega dengan terlaksananya kegiatan ini. Sebab, menurutnya, saat ini banyak persoalan di level desa yang perlu disikapi para kepala desa, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Baca Juga  Cegah Corona, Satgas Covid-19 Pemprov Jatim Sterilkan 1,2 Ha Area Masjid Al-Akbar

Salah satunya, soal perlunya dana operasional bagi kades dalam melaksanakan dan mengawal Dana Desa, sebagaimana yang dilontarkan Perwakilan Askab Banyuwangi, dalam forum tersebut.

“Kalau kita tidak kompak, saya kira akan sulit. Karena itu, kita perlu silaturrahmi semacam ini. Ya, selain memperlancar rejeki, juga bisa saling sharing persoalan di masing-masing daerah,” ujarnya setelah mendengar banyak permasalahan yang dilontarkan beberapa pengurus AKD kabupaten/kota.

Selain Heru Sulthan dan Teguh Subandono, kegiatan silaturrahmi AKD hari ini juga dipandu Saiful Mahdi (Kades Pangkah Wetan, Gresik) dan Moch. Munawar S.IP (Kades Rosep, Bangkalan) yang keduanya merupakan pengurus AKD Jatim.

Dari kegiatan silaturahmi ini, akhirnya disepakati beberapa rekomendasi untuk percepatan kelancaran roda organisasi. Di antaranya, ditetapkannya Moch Munawar sebagai Plt Ketua AKD Jatim menggantikan Teguh Subandono, dan bakal digelarnya acara pra Musda AKD Jatim pada pertengahan Maret 2020 mendatang.

Baca Juga  Intensifkan Pencegahan, Satgas Covid-19 Jatim Sterilkan Tempat Ibadah dan Bagi-bagi Masker ke Media

Selain, Kabupaten Gresik, Sidoarjo dan Banyuwangi, kegiatan silaturrahmi AKD hari ini juga dihadiri perwakilan kepala desa dari beberapa kabupaten di Jatim. Di antaranya, Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Kota Batu. (yus)