Siaga La Nina, Dinsos Jatim Laksanakan Apel Tagana

54

SURABAYA – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim mengikuti apel siaga bencana la nina Tagana nasional di markas Kopassus di Cijantung secara virtual, Kamis (17/12/2020).

Kegiatan yang digelar di aula gedung B kantor Dinsos Jatim itu dihadiri Kepala Dinsos Jatim Dr Alwi MHum, pejabat Dinsos Jatim, Forum Koordinasi (FK) Tagana Jatim, dan koordinator Tagana kabupaten/kota se-Jatim.

Sebelum apel, Kepala Dinsos Jatim Dr Alwi memberikan beberapa penghargaan. Yakni, penghargaan pin perintis Tagana yang diberikan kepada perintis Tagana Nasional Andi Hanindito, perintis Tagana Provinsi Jatim Purwanto Priatmojo, pin pengabdian Tagana 16 tahun kepada enam koordinator Tagana kabupaten/kota, dan piagam penghargaa kepada Tagana 14 kabupaten/kota yang mendukung pelaksanaan Pilkada.

Kadinsos Jatim memberikan penghargaan sebelum pelaksanaan apel siaga bencana la nina.

Dalam kesempatan tersebut, Alwi kembali mengingatkan Tagana bahwa terdapat 22 kabupaten/kota di Jatim yang rawan bencana.

Baca Juga  Antisipasi Dampak Corona, Per Maret Pemerintah Naikkan Nilai Bantuan Pangan Gakin

“Tagana harus selalu peka dan siap siaga terhadap situasi yang ada di lingkungan sekitar, mulai dari la nina, megathrust, dan bencana lainnya,” pesannya.

Pejabat asal Sumenep itu juga meminta Tagana untuk tetap semangat membantu masyarakat dan menjaga jati diri Tagana, yakni satu komando, satu aturan, dan satu kesatuan.

Sementara itu, Koordinator Tagana Provinsi Jatim Twi Adi menambahkan, kegiatan pra apel Tagana kali ini merupakan momen langka serta luar biasa bagi dirinya dan para relawan Tagana. Karena dalam kesempatan ini hadir maestro Tagana Andi Hanindito.

“Beliau berpikir keras bagaimana melibatkan masyarakat dalam menanggulangi bencana sehingga mencetuskan Tagana. Semoga momen ini bisa lebih meningkatkan semangat Tagana Jatim,” ujarnya.

Twi melanjutkan, saat memberikan pengarahan, Andi berpesan kepada Tagana untuk terus menjaga jati diri Tagana. Karena jati diri itu, Tagana menjadi satu kekuatan besar yang dibina pemerintah untuk mendampingi masyarakat yang terkena bencana.

Baca Juga  Kampanyekan Prokes, Anggota Polsek Slahung Keliling Pasar

“Harapan saya Tagana bisa lebih dihargai masyarakat dan pemerintah daerah. Bu Gubernur kemarin waktu HKSN telah memberikan penghargaan yang luar biasa kepada Tagana. Sedangkan kepada pemerintah daerah, kami mohon agar Tagana selalu ditingkatkan pembinaannya,” harapnya.

Twi juga berharap pemerintah dapat selalu memperhatikan kesejahteraan Tagana. Menurutnya, jika kesejahteraan Tagana diperhatikan, maka kerelawanan Tagana akan lebih maksimal. (ul)