Sidorejo Beri Pelayanan Posyandu Remaja & PIK-R

188

Untuk pertama kalinya Pemerintah Desa Sidorejo, Kecamatan Kotaanyar, Kab Probolinggo, memberikan pelayanan posyandu remaja dan PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) berbasis masyarakat (23/3).

Ini sebagai upaya memberi pelayanan secara maksimal kepada generasi muda. Kegiatan itu dipusatkan di Balai Desa Sidorejo dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap bulan/triwulanan.

Pelayanan Posyandu Remaja yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 ini bersifat gratis agar dapat diikuti oleh remaja, khususnya para kaum milenial di Sidorejo.

Pelayanan Posyandu Remaja dan PIK-R ini dihadiri oleh Camat Kotaanyar ), Teguh Prihantoro, Koordinator PLKB Kecamatan Ummi Rufi’ah, Kepala Desa Sidorejo, bidan desa Ita Karliyana dan perawat desa Christian Adi Nugroho.

Bidan Desa Sidorejo Ita Karliyana selaku Pembina Posyandu Remaja mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan memberikan pelayanan kesehatan kepada semua remaja yang ada di Sidorejo.

Baca Juga  Tantri Kotak Duet Bareng Khofifah di Tugu Pahlawan

“Harapannya kita bisa bersinergi mengurangi permasalahan yang ada di desa, khususnya dalam bidang kesehatan sehingga kita akan membantu memajukan desa hingga negeri kita ini,” ujarnya.

Posyandu ini memberikan pelayanan melalui lima meja meliputi registrasi, pengukuran antropometri (tensi darah, tinggi badan, berat badan, lingkar perut, lingkar lengan dan kadar Hb khusus remaja putri), pencatatan hasil ukur, pelayanan kesehatan/konseling dengan tenaga kesehatan dan diakhiri dengan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE).

Koordinator PLKB Kecamatan Kotaanyar Ummi Rufi’ah mengajak para remaja bersama-sama menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri agar menjadi generasi berencana untuk Kabupaten Probolinggo. Bergabung dengan PIK-R berarti menyiapkan diri karena Berencana Itu Keren.

Camat Kotaanyar Teguh Prihantoro mengaku sangat mendukung kegiatan pelayanan posyandu remaja dan PIK-R yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa Sidorejo. Harapannya kegiatan ini bisa istiqomah dan dapat memberikan kemaslahatan bersama.

Baca Juga  BKKBN Jatim Gelar JAK GenRe di Pasuruan

“Mudah-mudahan kegiatan ini mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan bisa diikuti oleh 12 desa yang lain di Kecamatan Kotaanyar. Ini merupakan ide dan inovasi dari bidan desa yang didukung Pemerintah Desa Sidorejo,” harapnya. (*)