Silaturahmi dengan Ulama NU, Khofifah Serukan Sinergitas Ulama dan Umara

49

Diinisiasi PWNU (Pengurus Wilayah NU) Jatim, ratusan alim ulama NU se-Jatim menggelar silaturahmi bersama Gubernur Jatim dan Kapolda Jatim di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu (9/3). Dalam acara tersebut, Gubernur Khofifah menyerukan untuk membangun sinergitas antara ulama dan umara (pemerintah).

Menurut gubernur perempuan pertama di Jatim itu, sinergitas menjadi hal yang penting dilakukan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di Jatim, terutama dalam menjaga pemilu yang aman dan damai.

Gubernur Khofifah saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi bersama alim ulama NU.

Bukan tanpa alasan Khofifah mengatakan hal itu. Pasalnya, menurut survei yang dilakukan PPIM (Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) diketahui bahwa kelompok millenial di 34 provinsi di Indonesia memiliki kecenderungan intoleransi yang cukup tinggi.

“Dari (survei) LIPI, kalau dilihat dari sebaran responden, 36 persen adalah doktor, 32 persen master, hanya 6 persen yang S nol. Dari sini kita bisa melihat bahwa ada langkah-langkah kewaspadaan secara komprehensif yang harus dilakukan,” ujarnya.

Khofifah melanjutkan, LIPI memprediksi adanya kemungkinan konflik sosial yang akan muncul di pemilu 2019. Di antaranya terkait politik identitas dan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan) yang cukup dominan dan dikhawatirkan bisa memicu terjadinya disharmoni.

“Nah, karena di sini para ulama NU se-Jatim brkumpul, ada Pangdam V/Brawijaya, dan Kapolda Jatim, maka saya menyampaikan kembali hasil survei UIN dan LIPI untuk bisa menjadi kewaspadaan bersama. Menurut saya ini saat yang tepat untuk saling membangun sinergitas dari seluruh key person di Jatim, baik ulama atau umara,” ungkapnya.

Tampak banyak tokoh yang hadir dalam acara silaturahmi alim ulama NU. Antara lain Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, mantan Gubernur Jatim Pakde Karwo, mantan Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul, dan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko. (uul)