Sukses Terapkan Sistem Merit, Pemprov Raih Anugerah KASN

83

Kinerja Pemprov Jatim dalam manajemen ASN (Aparatur Sipil Negara) diapresiasi pemerintah pusat. Pemprov berhasil meraih Anugerah KASN Tahun 2017 kategori Inovasi Penguatan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara dalam Pelayanan Assessment Center bagi Instansi Pemerintah.

Penghargaan diserahkan Ketua KASN, Prof Sofyan Effendi kepada Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi yang hadir mewakili Pakde Karwo di Jakarta, Kamis, 28 Desember 2017.

Sukardi menjelaskan, prestasi tersebut diraih karena keseriusan Pemprov Jatim dalam melaksanakan sistem merit secara konsisten. Hal itu juga dilakukan untuk melaksanakan amanat UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN.

“Salah satu implementasi sistem merit di Pemprov dan kabupaten/kota di Jatim adalah dengan mewajibkan assessment bagi seluruh pejabat struktural. Ke depan, seluruh ASN baik struktural maupun non struktural juga akan dilakukan assessment,” katanya.

Sistem tersebut tak hanya dilaksanakan di lingkungan pemprov. Pemerintah kabupaten/kota juga didorong untuk melakukan hal serupa. Jika belum ada tenaga untuk melakukan assessment, pemprov siap membantu dan memfasilitasi.

Sukardi menerangkan, assessment kepada seluruh ASN akan lebih diarahkan kepada manajemen karier. Lewat assesment, diharapkan pemerintah memiliki calon-calon potensial untuk menjadi pejabat di masa depan. “Jadi, jika ada seleksi terbuka, calon-calon itulah yang akan diajukan,” imbuhnya. (uul, hms)