Sungai Kalimireng Desa Manyarsidomukti Ditambah Area Joging Track

229

Perkembangan industri yang semakin menjamur di wilayah Kab. Gresik menyisihkan sekelompok masyarakat yang masih peduli terhadap keseimbangan alam. Mereka ialah Pokmaswas (Kelompok Pengawas Masyarakat) Kalimereng Konservasi Mangrove.

Selain menjalani hari-hari sebagai nelayan, kelompok ini juga aktif menjaga Sungai Kalimireng. Salah satunya dengan membuat zona konservasi di beberapa titik sungai. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak dari perusahaan industri yang terus beroprasi.

Selama tiga bulan terakhir, keberadaan sungai ini juga mendapat perhatian dari Pemerintah Desa Manyarsidomukti, Kec. Manyar. Pemerintah setempat melakukan kegiatan pembangunan wisata mangrove berupa joging track sepanjang 122 meter.

Sumber dana pembangunan ini dialokasikan dari dana desa tahun 2019 senilai Rp 248.450.000. “Penambahannya mulai Bulan Oktober kemarin, kami dalam tahap pembangunan menuju desa wisata” ungkap M Isharul Munir, Ketua Pokmaswas Kalimireng.

Baca Juga  Dukung Warga Mojokerto, Aksi Kamisan Depan Istana Sore ini Serukan ‘Stop Aktivitas Tambang’

Pembangunan yang dilakukan itu melibatkan para nelayan dan Pokmaswas. Kepada Derap Desa, Munir menyampaikan, tujuan pembangunan ini untuk menunjang masyarakat yang ingin bersantai di sekeliling mangrove yang ada di bantaran sungai. Kedepan, di area ini rencananya juga akan dibangun gazebo.

Penambahan area joging track ini diharapkan bisa memberdayakan masyarakat dalam bidang pariwisata, khususnya masyarakat nelayan. “Saya juga berharap, melalui program ini bisa mengedukasi masyarakat luas dalam kepedulian alam. Alam akan jaga kita kalau alam ini lestari,” pungkasnya. (fan)