Tahun Ini, Jalin Matra Sasar 480 Desa

183
Sekda Prov. Jatim, Heru Tjahjono menyerahkan bantuan kepada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di sela acara Pembukaan Rakor dan Temu Pendamping Program Jalin Matra di Hotel Utami Sidoarjo, medio Desember 2018.

Program Jalin Matra yang menjadi salah satu program andalan Gubernur Jatim, Pakde Karwo dalam menanggulangi kemiskinan bisa dipastikan akan tetap berlangsung pada tahun 2019 ini.

Kepastian itu terungkap dalam Rapat Koordinasi dan Temu Pendamping Program Jalin Matra di Hotel Utami, akhir tahun 2018 lalu. Sedikitnya, 480 desa yang tersebar di 29 kabupaten/kota di Jatim akan menjadi sasaran program pro poor tersebut.

Sekdaprov Jatim, Ir Heru Tjahjono MM saat membuka rakor tersebut bahkan berharap agar Jalin Matra bisa terus berlangsung setiap tahun. Sebab, selain programnya bermanfaat bagi masyarakat miskin, program ini juga merupakan program satu-satunya di Indonesia yang bertujuan mendengarkan keluh kesah wong cilik.

“Melalui program ini, banyak masyarakat kecil terbantu, dimana pemerintah memberikan bantuan bagi masyarakat untuk membuka lapangan usaha dengan diberikan modal sesuai dengan kemampuannya,” ujarnya.

Jika program ini nanti dilanjutkan, ia berharap angka kemiskinan di Jatim terus menurun. Itu sebagaimana yang terjadi selama kepemimpinan Gubernur Pakde Karwo. Pada awal tahun 2009 jumlah masyarakat miskin di Jatim masih mencapai 16,68 persen. Namun sampai dengan Maret 2018, angka itu menurun menjadi 10,98 persen. “Salah satu faktornya karena adanya program Jalin Matra ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ir Muhammad Yasin MSi mengungkapkan, pada tahun 2019 ini Program Jalin Matra dipastikan akan tetap berlangsung.

Hanya saja, tidak semua jenis program ini akan berlangsung di semua wilayah kabupaten/kota sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Sebab, di sejumlah daerah, target sasaran program ini telah tercapai hingga 100 persen, khususnya untuk Jalin Matra B-RTSM dan Jalin Matra PFK.

Rencananya, untuk tahun ini, Program Jalin Matra Bantuan RTSM (Jalin Matra B-RTSM) akan menyasar pada 5.915 RTSM yang tersebar di 100 desa. Sedang Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (Jalin Matra PFK) menargetkan sasaran sebanyak 7.465 KRTP di 300 desa.

Adapun untuk Jalin Matra Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (Jalin Matra PK2) akan menyasar di 80 desa. Jadi, untuk tahun ini, sebanyak 480 desa yang tersebar di 28 kabupaten dan satu kota akan menjadi sasaran program Jalin Matra.

‘’Program Jalin Matra ini merupakan model pembangunan yang mengedepankan pendekatan partisipatoris deliberatif dan humanistik. Karena itu, program ini sesungguhnya juga merupakan bentuk implementasi dari kewajiban negara untuk hadir menghormati, melindungi dan memenuhi hak dasar masyarakat miskin,” terangnya. (yus)