TIPS BANGUN PAGI

209

Studi yang dilakukan di Amerika Serikat pada 2014 tepatnya di Northwestern University menemukan bahwa orang yang rutin bangun pagi atau sekitar waktu subuh, memiliki indeks masa tubuh yang ideal.

Saat seseorang bangun lebih pagi, ini berarti tubuhnya akan memiliki gerak tubuh lebih banyak. Ini juga membuatnya memiliki cukup banyak waktu untuk membuat sarapan bahkan makan siang lebih sehat. Hal-hal inilah yang kemudian dinyatakan bisa membuat seseorang bisa memiliki berat badan lebih ideal setelah rutin bangun lebih pagi.

Tak hanya itu, orang-orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi juga akan mendapat paparan sinar matahari pagi yang sehat dan waktu olahraga yang cukup banyak. Kathryn Reid, seorang ilmuwan di Northwestern University mengungkapkan jika paparan cahaya pagi ini bisa mempengaruhi indeks masa tubuh seseorang.

Kelebihan lainnya, sebuah penelitian menemukan, mereka yang tergolong sebagai morning person, cenderung tidak mengembangkan kanker payudara daripada mereka suka berkegiatan di malam hari. Studi di University of Bristol, Inggris, membandingkan ratusan ribu data. Mereka menemukan bahwa mereka yang rajin bangun pagi, cenderung berisiko kanker payudara 40 sampai 48 persen lebih rendah.

Beberapa tips membantu agar seseorang mampu bangun di pagi hari:

  1. Persiapkan segala sesuatu di malam hari

Ini akan membuat kita siap untuk bangun dan bangkit dari tempat tidur saat pagi hari.

  1. Yakinkan diri

Jika Kamu terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa Kamu bukan tipe orang yang bisa bangun pagi, inilah saat untuk mengubahnya. Alih-alih menggerutu tentang betapa buruknya kebiasaan bangun tidurmu, katakan pada diri sendiri seberapa besar niatmu untuk bangun di pagi hari, dan teruslah mengatakannya.

  1. Biarkan cahaya masuk ke kamar

Memulai hari dengan jumlah sinar matahari yang cukup akan mengatur ulang ritme sirkadian dan mengirimkan pesan “Ayo bangun!” ke otak. Ritme sirkadian adalah proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam.

  1. Jauhkan gadget dari kasur

Sebaiknya kita mematikan alat elektronik setidaknya 30-45 menit sebelum pergi tidur, termasuk televisi dan menghindari ponsel. Ini mengurangi tingkat kegelisahan dan menghentikan otak dari ragsangan cahaya biru dan ‘bombardir’ informasi.

  1. Pola makan sehat

Sebelum tidur sangatlah penting untuk menghindari alkohol atau kafein. Kedua zat tersebut akan mengurangi kualitas tidur, dan membuat rencana bangun pagi menjadi gagal. Selain itu, cobalah minum air segera setelah  terbangun, karena ini akan menghidrasi sel dan otak agar ada energi untuk kamu bergerak.

  1. Tetap optimistis

Salah satu hal terpenting yang akan membantu kita bangun dari tempat tidur di pagi hari adalah memastikan anda memiliki sesuatu yang ditunggu pada hari itu. Kita semua mempunyai hari di mana kita terbangun dengan perasaan kurang semangat. Namun, jika ini terjadi sepanjang waktu.*