Wabup Tuban Tanam 1.000 Pohon Bersama Jurnalis

20
Wabup Tuban menanam pohon bersama jurnalis Kab. Tuban. Foto: Media Center Tuban.

TUBAN – Wakil Bupati Tuban Ir H Noor Nahar Hussein MSi bersama wartawan dan stakeholder melakukan penanaman pohon di mata air Mburubulan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Selasa (05/03/2019). Penanaman 1.000 bibit pohon dan santunan anak yatim ini diselenggarakan Ronggolawe Press Solidarity (RPS), diikuti perangkat desa, ormas, tokoh agama dan masyarakat serta siswa SD setempat.

Wabup Noor Nahar mengatakan, pihaknya  mengapresiasi  kegiatan penghijauan yang diadakan organisasi wartawan se-Kabupaten Tuban ini. Hal ini menjadi bentuk konservasi sumber daya alam di Desa Jadi sekaligus pelestarian sumber mata air Mbrubulan tersebut. Dia menekankan, bibit yang  disiapkan harus benar-benar ditanam. Selain itu, Pemdes dan masyarakat juga harus diedukasi untuk ikut merawat bibit yang telah ditanam.

“Jangan sampai setelah ditanam ditinggal begitu saja,” ungkapnya.

Ke depan, dia meminta RPS agar tetap konsisten dalam upaya pelestarian lingkungan. Di samping itu, perusahaan beroperasi di Bumi Wali juga dihimbau untuk ikut berpartisipasi melalui program pemberdayaan masyarakat dan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

“Bila perlu libatkan seluruh stakeholder dan perusahaan untuk memaksimalkan pelestarian ini,” sambungnya.

Orang nomor dua di jajaran Pemkab Tuban ini menjelaskan, pengembangan Mbrubulan sebagai destinasi wisata baru harus memperhatikan aksesibilitas dan kekuatan anggaran daerah. Dana Desa juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ini tetapi tidak sepenuhnya.  Guna mendukung pengembangan tersebut, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) harus diedukasi dan dilibatkan serta memaksimalkan promosi agar masyarakat semakin mengenal.

Selain itu, akan dibangun bendungan di Desa Jadi untuk mengantisipasi banjir dan longsor yang dapat merugikan masyarakat. Karenanya, perlu adanya dukungan dari masyarakat dan instansi terkait untuk menyukseskan pembangunan ini.

Sementara itu, Ketua RPS Khoirul Huda, menyampaikan terima kasih kepada yang terlibat menyukseskan kegiatan ini. Penghijauan ini menjadi kegiatan pembuka yang diadakan RPS dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun 2019. Selanjutnya, pada 12 Maret mendatang akan diadakan seminar mengenai pers dan politik. Direncanakan akan dihadiri Dewan Pers, KPU, dan Bawaslu.

Pada kesempatan ini, dilakukan penandantangan komitmen bersama perawatan bibit yang ditanam antara Pemkab Tuban, Pemdes, RPS, serta Pokdarwis. (uul, rps)