Waduk Nipah, Destinasi Wisata Alam Sampang

56
Salah satu sudut Waduk Nipah

Waduk Nipah yang masuk Desa Montor, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, adalah salah satu destinasi wisata alam. Jaraknya sekitar 55 km dari pusat kota Sampang, merupakan perpaduan menarik antara hamparan lahan berbukit dengan waduk seluas 1.150 Ha yang mengaliri air di beberapa desa.

Selain pesonanya yang indah terutama menjelang matahari terbenam juga menjadi tempat wisata pancing yang nyaman. Sehingga Waduk Nipah yang pembangunannya sempat menjadi perhatian nasional dan internasional, saat memulai pembebasan lahan itu, sekarang menjadi destinasi wisata alam kebanggaan masyarakat Sampang.

Bahkan Waduk Nipah menjadi salah satu target wisata alam prospektif pesisir utara bagi Kab Sampang menghadapi Visit Madura Madura Years, terbukti. Saat ada kegiatan terkait kepariwisataan Kepala Disporabudpar Sampang Drs Aji Waluyo MSi, menyatakan mulai 2019 dan selama 5 tahun ke depan semua OPD terintegrasi dalam program penunjang kawasan wisata yang ada di utara dan salah satunya Waduk Nipah.

Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Dra Lilis Listiawati MM melalui Kasi Pariwisata, Endah Nursiskawati SST.Par, mengatakan, tahun 2019 ini FS serta grand design direalisasikan. “Tetapi belum diberi izin oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) karena masih ranahnya Bappelitbangda, jadi terpaksa dialihkan ke lokasi wisata lain,” kata Endah.

Plt Kepala Diskumnaker Sampang Dra Hj Suhartini Kaptiati melalui Sekretaris Chaerul Anwar SE MM mengaku, sudah melakukan pendataan UKM dan PKL di sekitar sebagai penunjang kawasan Waduk Nipah. “Sudah 3 tahun kami menyiapkannya melalui TKB Kecamatan Banyuates,”ujar Chaerul.

Ditambahkan untuk sarana prasarana serta pemetaan UKM maupun PKL masih menunggu petunjuk serta koordinasi dengan lintas sektor lainnya. (*)