YDBA Kembali Gelar Kontes Mekanik Bengkel

378

Untuk ketiga kalinya, tahun ini Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) kembali menggelar Kontes Mekanik UKM Bengkel Mitra YDBA di Sunter, Jakarta Utara, Sabtu (12/1). Kontes Mekanik tahun ini merupakan kontes ketiga yang diselenggarakan YDBA setelah akhir tahun 2015 dan awal tahun 2017 lalu.

Kontes ini merupakan bentuk kerja sama dengan PT Astra International Tbk, Toyota Sales Operation (Auto2000), dan Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA). Sebelumnya sebanyak 50 mekanik Bengkel Mitra YDBA dari Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Jember, Lamongan, Sidoarjo, dan Karangasem Bali mengikuti pra kontes mekanik yang diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2018.

Dari 50 mekanik tersebut, terpilih 12 mekanik yang mengikuti kontes. Mereka merupakan mekanik dari Bengkel Sumber Cahaya Waru Sidoarjo, Duta Mitra Auto Bandung, BOP Surabaya, Anugerah Prima Motor Klaten, HRA Ciputat Tangerang Selatan, Autotama Bali, Amarta Putra Sleman DIY, Formula Autocare Jember, Maestro Group Jember, Heri Motor Service Lamongan, Tidar Motor Cibubur, dan Gama Jaya Motor Surabaya. Mekanik yang juara adalah mereka yang lulus dan mendapatkan nilai terbaik dalam tes teori, tes praktek engine serta praktek perbaikan kendaraan.

Kontes Mekanik menjadi salah satu rangkaian program YDBA dalam pengembangan UKM Bengkel dengan tujuan meningkatkan kemampuan mekanik dalam merawat kendaraan sesuai dengan prosedur standar Astra. Dalam Kontes Mekanik ini juga diselenggarakan acara sharing knowledge bagi 75 peserta UKM Bengkel Mitra YDBA mengenai Manajemen Bengkel.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pengurus YDBA Henry C. Widjaja, Sekretaris Pengurus YDBA Ida. R. M. Sigalingging, Departemen Head Auto2000 Head Office Hairil Anwar dan Ketua Umum HBBA Heri Cahyono.

Dalam sambutannya, Henry menyampaikan harapan bagi para mekanik dalam kegiatan ini, “Saya berharap sepulang kontes ini, para mekanik lebih percaya diri dan termotivasi untuk menjadi mekanik profesional, kompeten dan berdaya saing. sehingga dapat menjadi faktor pendukung untuk menjadikan UKMBengkel naik kelas,” ujar Henry.

Ia juga berharap, Kontes Mekanik ketiga ini dapat bermanfaat untuk pemilik bengkel yang timnya sedang berjuang meningkatkan kualitas layanan dan skill teknis, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan bagi customer, khususnya pengguna kendaraan Toyota.

I Kadek Dwi, salah seorang mekanik asal Bali menyampaikan kesan dan harapannya mengikuti kontes ini. “Mengikuti kegiatan ini pastinya membuat saya lebih terampil dan disiplin. Semoga saya terus diberikan kesempatan belajar dan tidak cepat puas dengan ilmu yang didapat!,” ucap Kadek.

Kontes ini dimenangkan Antonius Pitoyo Yunianto dari Bengkel Anugerah Prima Motor Klaten, Jawa Tengah sebagai juara I. Juara II dimenangkan Aditya Mega Permana dari Bengkel Duta Mitra Auto Bandung. Sedangkan juara III diraih M. Abdur Rofiq dari Bengkel Maestro Grup Jember.