Yen Collection Manfaatkan Peluang Usaha Home Decor

33
Husnul Yaqin

Menjadi pengusaha harus jeli dan pintar melihat peluang. Itulah yang dilakukan Husnul Yaqin saat memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan merintis usaha sendiri. Kini dia telah menjadi pemasok di toko-toko besar di Indonesia.

Seiring dengan banyaknya peminat barang-barang home decor, bidang usaha ini pun banyak digeluti pelaku UKM. Salah satunya adalah Husnul Yaqin. Setelah bekerja selama empat tahun di perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, Yaqin memberanikan diri mendirikan usaha sendiri.

Bersama istri, Nabawiyyah, Yaqin mendirikan Yen Collection pada 2010 lalu. Usaha ini mengkhususkan diri menggarap home decor berbahan kerajinan kawat dan kayu. Produk-produk yang diproduksi merupakan produk fungsional, seperti vas bunga, wall decor, candle holder, capstok, dan sebagainya. Beberapa produk itu dipajang di stan Yen Collection saat gelaran Jatim Fair 2018, 9-12 Oktober 2018 lalu di Grand City Surabaya.

“Saya melihat peluang usaha ini di daerah saya belum ada, sedangkan peminatnya banyak,” kata Yaqin menjelaskan alasannya memilih bidang usaha home decor.

Pria asal Jombang ini mengatakan, membuat home decor membutuhkan ketelatenan tinggi. jumlah perajinnya pun sangat minim. Hal inilah yang menjadi pertimbangan Yaqin untuk mantap merintis usaha home decor. Terlebih dia memiliki pengalaman bekerja di perusahaan home decor.

Berkat keuletannya, kini Yaqin telah memiliki pelanggan tetap dan menjadi pemasok ke beberapa toko besar dan ritel di Indonesia. “Prospek usaha ini bagus. Untuk omzet naik turun, rata-rata Rp 20 juta hingga Rp 40 juta per bulan,” ungkapnya.

Dalam menjalankan usaha, Yaqin dibantu delapan orang pegawai. Saat ini ada 25 jenis produk yang dia produksi. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 25 ribu sampai jutaan, bergantung ukuran dan tingkat kesulitan.

“Selanjutnya kami akan kembangkan furnitur metal ukuran besar,” ujar Yaqin yang juga menjadi binaan PT Pelindo.

Dia mengakui, pemerintah telah memberikan perhatian pada UKM seperti miliknya. Dia kerap berpartisipasi dalam bazaar atau pameran yang digelar di daerahnya. Dia juga sering mengikuti pameran ke luar kota.

Untuk kelancaran usahanya, dia berharap agar bahan baku dapat diperoleh dengan mudah dan harga tidak naik-turun. Yaqin mengatakan, hampir semua produknya berbahan baku besi. Biasanya dia dapat membeli bahan baku di toko bangunan terdekat, namun ketersediaan barang terkadang telat dan harga tidak stabil.

Ketika dollar naik seperti saat ini, harga bahan baku pun naik. Agar tidak rugi, Yaqin harus pintar-pintar menyiasati bahan baku. “Karena konsumen mintanya murah dan bagus, jadi harus disesuaikan,” jelasnya. (uul)

Data Usaha:

  • Nama Usaha   : Yen Collection
  • Pemilik             : Husnul Yaqin/Nabawiyyah
  • Alamat            : Jl Masjid Al-Ikhlas No. 44 A, Catak Gayam Selatan, Mojowarno, Jombang
  • Telepon           : 085231355658/085231347647
  • Email               : yencollection99@gmail.com
  • Facebook         : Husnul Yaqin
  • Instagram        : husnulyaqin45