Potret Nelayan Sungai Kalimereng, Kec. Manyar, Kab. Gresik

Zaman Boleh Berkembang, Alam Harus Seimbang

84

TIBA-TIBA saja Munir teringat masa kecil di tengah perbincangan soal keluh kesah hidup nelayan Sungai Kalimireng. Selepas menghela nafas, ia menyampaikan, jadi nelayan sudah ditekuninya sejak kecil. “Saya Ebtanas (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional) kelas enam SD saja loh bawa buku di atas perahu. Lah gimana? Orang nenek moyangku seorang pelaut,” paparnya lantas terkekeh.

Selain pengembangan zona konservasi mangrove, Pokmaswas Kalimireng juga sering melakukan kordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Manyar Sidomukti. Salah satunya saat mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana dalam penataan kawasan pesisir. Hingga kini, Pemdes Manyar Sidomukti, lanjut dia, sudah membantu pelebaran balai nelayan, lahan parkir, gedung sekretariat dan warung yang ada di sampingnya.

“Perhatian dari PT PGN Saka dan Cargill berupa toilet nelayan juga kita dapat. Semuanya itu atas usulan nelayan pada desa yang diteruskan dengan pengajuan proposal. Bantuan perahu dan bibit dari Dinas Perikanan juga kita dapat,” imbuhnya.

Guna menghadapi zaman yang terus berkembang, Pokmaswas Kalimireng juga beberapa kali melakukan edukasi pada siswa. Para siswa yang ingin belajar alam diajak menyusuri sungai. Di moment itu, Pokmaswas pendamping memberi pengenalan betapa pentingnya peduli terhadap lingkungan dan seputar konservasi.

“Kalau ada sekolah yang ingin belajar jenis mangrove dan manfaatnya bagaimana ya kita fasilitasi. Kita ajak susur sungai, Cuma ganti uang bensin karena perahu kami menggunakan mesin tempel. Selain untuk pendekatan, kita juga ingin tempat ini bisa dibuka jadi wisata,” pungkasnya. (fan)

baca juga: Bertahan Dalam Himpitan Reklamasi

Pengurus Pokmaswas Kalimireng

Ketua              : M Isharul Munir

Wakil               : M Nurul Falach

Sekretaris        : M Choirul Umar

Bendahara       : Chusnul Busthomi

Anggoto          : Chotib, Mahfud, Mat Umar, M Fatahul Alim, Amran, Sobirin, Suchaimi, Moh Suud, Ali Majid, Nur Rochmat Arifin, Sujono