100 Warga Desa Bancar Divaksinasi

106

PONOROGO – Sebanyak 100 warga Desa Bancar,  Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis 1 jenis Astra Zenecca di gedung Balai Desa Bancar,  Senin (30/8/2021).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator Imunisasi Puskesmas Bungkal, Hari Winoto dan Astuti, Kades Bancar Agus Sudarmono dan Perangkat Desa Bancar, Polmas Desa Bancar Aipda Dhoni Stiawan N, Babinsa Desa Bancar Serda Sugeng, para tenaga kesehatan petugas vaksinasi Puskesmas Bungkal, Plt Camat Bungkal, Bambang Sucipto P dan jajaran. 

Vaksinasi warga Desa Bancar ditinjau pihak kecamatan dan tiga pilar Desa Bancar. (Foto-foto: Nur Kholis/derapdesa.id)

Dalam kegiatan tersebut para calon penerima vaksin Covid-19 menunjukkan bukti identitas diri untuk dilaksanakan verifikasi.

“Kemudian petugas melaksanakan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana kepada calon penerima vaksin untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid). Jika calon penerima vaksin sehat, maka dapat dilaksanakan vaksinasi,” ujar Kades Bancar, Agus Sudarmono. 

Baca Juga  Tiga Pilar Kecamatan Sukorejo Pantau Vaksinasi Covid-19 Desa Gandukepuh

Sedangkan Plt Camat Bungkal, Bambang Sucipto P mengatakan, program vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan guna mencegah penyebaran dan menekan angka paparan Covid-19 di Desa Bancar.

“Pemerintah tidak mungkin mencelakakan warganya, justru dengan program vaksinasi ini pemerintah ingin menyelamatkan warganya dari paparan Covid-19,” jelas Bambang Sucipto P. 

Pria kelahiran Desa Selur, Kecamatan Ngrayun ini memberikan semangat kepada seluruh tenaga kesehatan yang bertugas.

“Terima kasih atas kerja keras semuanya dalam upaya percepatan program vaksinasi ini, tetapi harus selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan masing-masing,” imbaunya. 

Ditemui terpisah melalui sambungan selularnya,  Wabup Ponorogo, Hj Lisdyarita memaparkan terus mendorong pelaksanaan vaksinasi pencegahan Covid-19 di desa-desa yang ada di Bumi Reyog.

“Saya minta Dinkes kalau sudah banyak masuk vaksinnya untuk kembali vaksin di Balai Desa atau Puskesmas,” ungkapnya. 

Baca Juga  Anwar Sanusi Bangga Desa Tatung Sulap Diri Jadi Desa Wisata Kebanggaan Ponorogo

Bahkan, politisi PDIP ini juga mendorong Dinkes melakukan vaksinasi di kalangan pelajar. “Terus saya minta untuk memvaksin pelajar, agar cepat bisa pembelajaran tatap muka (PTM) lagi,” pintanya. 

Lebih lanjut dia juga mengapresiasi antusiasme warga yang mengikuti vaksin. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada warga yang dengan kesadarannya sendiri ikut melaksanakan vaksinasi.

Di tengah-tengah melakukan pengamanan dan pemantauan vaksinasi di Desa Bancar, Polmas Desa Bancar Aipda Dhoni Stiawan N, mengimbau warga Desa Bancar untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan meskipun sudah divaksin.

“Jangan pernah mengabaikan 5M, 3T, vaksin serta berdoa,” pesannya. (nur)