Antisipasi DBD, Pemdes Bancar Lakukan Fogging Keliling Desa

44

PONOROGO – Pemerintah Desa (Pemdes) Bancar,  Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatim melakukan antisipasi merebaknya serangan nyamuk aedes aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal itu dilakukan dengan gotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan dan gerakan pengasapan (fogging).

Saat pelaksanaan fogging, terlihat beberapa perangkat desa bersama relawan tim fogging Pemerintah Desa Bancar melakukan pengasapan di Lingkungan Mblalung (Dukuh Nglodo), Minggu (4/7/2021) pagi.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Kepala Desa Bancar, Agus Sudarmono berharap masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Tetap semangat dan kompak selalu masyarakat Bancar dalam menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Agus Sudarmono.

Pihaknya juga menambahkan kegiatan pengasapan akan dilakukan keliling desa. “Setelah lingkungan Duwet Lor, Ngguwo,  Nggare,  Pandean dan Kandangan serta Sraben, besok dilanjutkan lingkungan lainya,” ungkapnya.

Baca Juga  PKK Jatim Gelar Workshop Untuk Kader Pokja I dan IV

Tidak hanya itu Agus juga meminta warganya melakukan 3M. “Saat ini 3M sebagai cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia,” katanya.

Masih menurut penjelasannya, 3M yaitu menguras. Hal ini dilakukan dengan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Selanjutnya adalah Menutup. Menurutnya, langkah ini dilakukan dengan menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sejenisnya.

Yang terakhir yakni Mengubur. “Yaitu mengubur atau memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah,” jelasnya. (nur)