Dua Perguruan Silat Ponorogo Kompak Baksos

65

PONOROGO – Seperti agenda tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka mengisi bulan Muharram 1443 H pendekar silat yang ada di Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo melaksanakan bakti sosial (baksos) peduli sesama, Kamis (19/8/2021).

Aksi nyata di saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini menyasar warga Dukuh Bancar, Nglodo, dan Duwet dan diikuti para pendekar silat dari dua perguruan, yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Bancar serta Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) Sub Ranting Bancar.

Tohari, salah satu warga Pencak Silat Cempaka Putih Sub Ranting Bancar memaparkan bahwa Baksos tersebut  merupakan bentuk kepedulian dari warga Pencak Silat Cempaka Putih Sub Ranting Bancar bersama PSHT Rayon Bancar.

“Pembagian sembako oleh PSCP dan PSHT pada hari ini dilaksanakan dalam rangka mengisi bulan Muharram 1443 H atau bulan Suro dalam penanggalan Jawa,” jelas Tohari, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga  Jelang Ramadhan, Masjid At-Tawwabin Desa Bancar Gelar Pengajian

Sementara, Basuki, salah satu warga PSHT Rayon Bancar mengaku kegiatan gotong royong baksos bagi sembako merupakan misi sosial para pendekar silat.

“Dalam PPKM di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kami dari PSHT maupun PSCP ingin berbagi bersama,” ungkap Basuki.

Perguruan silat PSHT Rayon Bancar dan Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) Sub Ranting Bancar gelar baksos. (Foto-foto: Nur Kholis/derapdesa.id)

Jumono, salah satu warga Pencak Silat Cempaka Putih berharap sembako yang dibagikan bermanfaat bagi para penerima.

“Semoga paket sembako yang dibagikan hari ini bisa meringankan beban hidup saudara kita yang ada di Desa Bancar,” tegas Jumono.

Sekretaris Desa Bancar, Nurcholis mengucapkan terima kasih atas kekompakan dan kebersamaan warga PSHT Rayon Bancar dan Cempaka Putih Sub Ranting Bancar.

Baca Juga  MPC Pemuda Pancasila Ponorogo Tanggap Darurat Pandemi Covid-19

“Kami dari Pemerintah Desa Bancar mengapresiasi kegiatan mulia yang dilakukan oleh Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Bancar serta Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) Sub Ranting Bancar,” kata Nurcholis yang diamini Hendroyono, Perangkat Desa Bancar yang lain. (Muh Nurcholis)