Era Digital, Habib Hadi Minta Orangtua Berhati-hati Mengasuh Anak

574
Wali Kota Habib Hadi didampingi istri dan ibu Wakil Wali Kota bercengkrama dengan murid-murid TK. foto: Humas Pemkot Probolinggo

Kota Probolinggo – Sekitar 1.313 anak PAUD dari 100 lembaga di Kota Probolinggo melakukan senam bersama di alun-alun Kota Probolinggo, Sabtu (27/4z0. Di hadapan mereka, tampak Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Bunda PAUD yang juga Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin, Wakil Ketua TP PKK Diah Kristanti Subri, dan para undangan.

Kegiatan senam tersebut menjadi rangkaian menggelar kegiatan Gerakan Membaca Buku bagi anak PAUD yang digelar Himpaudi Kota Probolinggo. Walikota yang juga akrab disapa Habib Hadi mengapresiasi acara tersebut. Dia juga bangga, karena anak-anak yang masih di usia dini sudah bisa melakukan kegiatan yang luar biasa.

Menurut dia, perkembangan anak-anak harus menjadi perhatian semua pihak. Bukan hanya di sekolah, tetapi cara mendidik di rumah tidak luput dari hasil tumbuh kembang anak. Di tengah perkembangan zaman yang serba digital, para orangtua harus berhati-hati dalam mengasuh anak.

Baca Juga  Gandeng PKK, Bakesbangpol Kota Probolinggo Gelar Sosialisasi Pemilu

Dia menyampaikan bahwa perkembangan anak jangan diisi hal yang tidak pas. Dalam smartphone terdapat segala macam. Jika anak sudah terpengaruh hal negatif, maka akan sangat sulit mengubah karakternya.

Untuk itu, ia berpesan kepada semua orangtua bisa memahami pentingnya masa perkembangan anak sejak dini. Dari hasil survey, bahaya IT tidak dibarengi dengan pengawasan itu sangat luar biasa pengaruhnya merusak memori anak-anak.

“Ini menjadi perhatian saja. Saya berharap anak-anak di Kota Probolinggo bisa menjadi anak berprestasi, menjadi generasi ke depan untuk Kota Probolinggo lebih baik lagi. Saya sangat peduli dan perhatian terhadap pendidikan. Untuk itu pendidikan akan kami tingkatkan lagi,” tuturnya.

Setelah acara seremonial, Habib Hadi beserta istri berinteraksi dengan anak-anak. Sambil duduk lesehan, anak anak tampak ceria mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh masing guru. Saat melihat buku yang diceritakan tentang Ikan Gurami. Aminah langsung bertanya kepada anak anak.

Baca Juga  Ketua TP PKK Kota Probolinggo Lakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Kademangan

” Ayo siapa yang suka makan ikan, dan ikannya namanya apa?,” tanya Aminah.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kota Probolinggo Ciplis Tri Handayani menuturkan, gerakan nasional membaca buku “Get The Books” digelar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 di Kota Probolinggo. Gerakan ini akan terus menerus dilakukan kepa anak-anak didik khususnya anak usia dini.

“Kami memberikan stimulasi yang tepat di 1000 hari pertumbuhannya. Berupa simulasi anak gemar baca buku, anak mencintai buku dan sebagai awal pembelajaran. Karena pendidikan usia dini adalah pendidikan karakter,” katanya. (uul, hms)