Hasil Karya Juwito demi Budaya Bangsa

504

Produk kerajinan wayang kulit itu bermacam-macam. Ada yang dibuat secara sederhana dengan harga jual murah, namun ada juga yang dibuat secara teliti dan menggunakan bahan kulit kerbau berkualitas tinggi. Sehingga daya jualnya mencapai jutaan rupiah perlembarnya.

Selain identik dengan budaya Jawa, wayang kulit kini juga sudah menjadi budaya nasional dan merupakan ciri khas Bangsa Indonesia. Tidak hanya tampil dalam pergelaran, wayang kulit kini juga banyak digunakan sebagai pajangan dan produk kerajinan tangan lainnya.

Adalah Juwito yang akrab disapa Tohok, merupakan perajin wayang asal Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kab Kediri. Ia mengatakan, mulai usaha membuat produksi wayang kulit sejak tahun 1991, ketika dia masih berstatus pelajar.

“Waktu itu saya masih sekolah di SMA, sudah mulai belajar membuat wayang kulit. Saya memang suka sekali dengan utak-atik atau menggambar, jadi saya coba untuk membuat mal atau gambaran wayang kulit dari kertas dulu,” kata Tohok.

Baca Juga  Batik Nilam Kencana, Berdayakan Warga

Berangkat dari hobi, lelaki paruh baya itu lalu mencoba memasarkan wayang yang terbuat dari kertas juga dari kardus dengan harga yang murah bisa dibeli sekitar Rp 5.000 hingga 25.000.

“Pertama saya mencoba membuat yang gampang dulu tidak terlalu rumit, juga tidak memakan waktu lama, dengan perpaduan warna yang berani tapi tidak mengubah keaslian dari tokoh wayang. Mulailah saya menekuni usaha ini sampai sekarang,” lanjut Juwito.

Awalnya dia hanya membuat ukuran yang mini atau kecil hanya untuk mainan anak-anak, namun lama-kelamaan mencoba dengan ukuran yang besar. Untuk hargapun bervariasi bergantung kerumitan tokoh wayang, juga besar kecilnya. Setelah lancar membuat dari kardus, dengan modal yang sangat minim, mencoba membeli kulit sapi untuk bisa dijadikan wayang kulit asli.

Wayang kulit milik Juwito sudah banyak yang memesan karena rumahnya tepat di jalur protokol arah ke Warujayeng, Nganjuk. Jadi pemesan kebanyakan dari Nganjuk dan Kediri. “Saya tetap membuat wayang dari kardus, dengan tujuan bisa dikenalkan pada anak-anak budaya dan tokoh wayang, selain harganya terjangkau,” lanjutnya.

Baca Juga  Perajin Kulit Pare, Go International

Untuk promosi dia memang sedikit kesulitan, tapi setelah sering mengikuti pameran yang diadakan pemerintah kabupaten melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri. Atau silakan hubungi Juwito No HP 085 645 740 400. Sedangkan mengenai harga bisa nego bergantung pesanan dan kerumitan tokoh wayang yang dipesan. (*, edt)