HPN 2021, PWI Jatim Kembali Gelar Lomba Jurnalistik Piala Prapanca

230

SURABAYA- Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur kembali menggelar lomba karya jurnalistik memperebutkan Piala Prapanca. Kegiatan ini sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-75 PWI.

 

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim mengatakan, lomba jurnalistik Piala Prapanca ini merupakan bagian dari program organisasi dalam mendukung profesionalisme wartawan. Melalui kompetisi ini diharapkan akan lahir karya-karya jurnalistik yang berbobot.

 

“Lomba ini sudah digelar sejak pertengahan 1980-an dan secara berkelanjutan terus berlangsung hingga sekarang. Banyak wartawan-wartawan berbakat dan hebat di Jawa Timur yang menjadi bagian dari pemenang lomba Piala Prapanca ini,” kata Ainur Rohim dalam keterangannya, Senin (11/1).

 

Khusus untuk penyelenggaraan lomba Piala Prapanca 2021, lanjut Ainur Rohim, PWI Jatim memutuskan hanya melombakan dua kategori, yakni karya jurnalistik tulis dan foto. Untuk karya jurnalistik televisi dan radio tahun ini ditiadakan.

Baca Juga  BPBD Bentuk Desa Tangguh Bencana di Mojowarno

 

Menurut Cak Air (sapaan akrab Ainur Rohim), keputusan meniadakan kategori karya jurnalistik televisi dan radio pada Piala Prapanca kali ini berdasarkan hasil evaluasi pengurus dari penyelenggaraan lomba beberapa tahun terakhir.

 

“Peserta lomba untuk kategori televisi dan radio cukup minim, jauh dari jumlah ideal peserta Piala Prapanca sehingga kurang kompetitif. Berbeda dengan kategori tulis dan foto yang pesertanya atau karya jurnalistik yang diikutkan lomba selalu banyak,” jelasnya.

 

Ditambahkan, peserta lomba karya jurnalistik Piala Prapanca bisa mengirimkan karya terbaiknya yang pernah tayang atau terbit di media cetak atau daring (online) sepanjang 2020. Naskah lomba dikirimkan ke Sekretariat PWI Jatim di Jalan Taman Apsari Nomor 15-17 Surabaya paling lambat pada 2 Februari 2021.

 

“Setiap peserta bisa mengikutsertakan maksimal tiga karya tulis atau foto. Selain Piala Prapanca, panitia menyediakan hadiah uang jutaan rupiah untuk pemenang dan karya yang masuk nominasi terbaik,” tambah Cak Air.

Baca Juga  Khofifah: Bank Jatim Harus Jadi Lokomotif Penurunan Kemiskinan

 

Selain lomba Piala Prapanca, dalam peringatan HPN dan HUT Ke-75 PWI Tahun 2021, PWI Jatim mengadakan sejumlah kegiatan, antara lain PWI Jatim Award, bakti sosial penghijauan dan apresiasi untuk wartawan senior, seminar daring (webinar), uji kompetensi wartawan (UKW), dan Anugerah Olahraga Siwo (Sie Wartawan Olahraga) PWI Jatim.

 

“Seluruh kegiatan yang kami gelar tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan dilakukan pembatasan-pembatasan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah,” tegas Ainur. (*)