Polsek Ngluyu Evakuasi Ibu Melahirkan

444

Medan berat dan lokasi terpencil tak menghalangi seseorang atau bahkan aparat berbuat yang terbaik demi rasa sosial dan kemanusiaan.

Itu pula yang dilakukan personel kepolisian sektor (Polsek) dan petugas medis Puskesmas Ngluyu, Kabupaten Nganjuk dalam membantu mengevakuasi ibu yang hendak melahirkan dari wilayah Kab Bojonegoro.

Pasien yang ditolong adalah Siti Nur Halimah (29 tahun), asal Dusun Sekidang, Desa Soko, Kecamatan Temayang, Kab Bojonegoro. Ya betapa mulianya tugas aparat kepolisian. Meski warga tidak masuk dalam wilayah hukumnya namun tetap mendapatkan pelayanan memadai dan maksimal.

Kapolsek Ngluyu, Iptu Roni Andrias Suharto SH, mengatakan, pada Sabtu (8/2/2020) pukul 09.00 WIB, telah dilaksanakan evakuasi ibu melahirkan dan mengalami pendarahan dari dusun terpencil Dusun Sekidang. “Letaknya berdekatan dengan Kecamatan Ngluyu (Kab Nganjuk) daripada ke Kabupaten Bojonegoro dan berjarak sekitar 8 Km dari Puskesmas Ngluyu,” ujar Kapolsek Ngluyu.

Baca Juga  Kampung Kue Surabaya, Omzet Jutaan Serap Banyak Pengangguran

Personel yang terlibat dalam giat tersebut selain Iptu Roni Andrias Suharto SH, juga Aipda Subiyantoro (Ka SPK Polsek Ngluyu), Aipda Lilik Purwono (anggota Polsek Ngluyu) serta Andre (tenaga medis Puskesmas Ngluyu).

Sekitar pukul 08.30 WIB Kapolsek Ngluyu bersama anggota mendapat informasi dari Andre (petugas medis Puskesmas Ngluyu). “Diinformasikan, bahwa ada ibu yang melahirkan dan mengalami pendarahan di Dusun Sekidang (Kab Bojonegoro), yang letaknya lebih dekat dengan Kecamatan Ngluyu dan berjarak sekitar 8 Km dari Puskesmas Ngluyu,” ujarnya.

Mereka pun cepat bertindak
dengan Mobil 082 bersama petugas Puskesmas Ngluyu tiba di Dusun Sekidang . “Jalan yang dilalui berupa jalan setapak, dan sulit bagi kendaraan lewat saat musim penghujan seperti ini,” kata Roni.

Akibatnya, pasien dibawa dengan ditandu dan berikutnya diangkut dengan mobil 082 Polsek Ngluyu untuk dibawa ke Puskesmas Ngluyu guna mendapatkan pertolongan. Tiba di Puskesmas langsung disambut bantuan medis. “Kami bersyukur, baik ibu dan bayinya selamat,” lanjutnya. (*)