Porwanas Jatim Gelar Sepuluh Cabor Prestasi

320

Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020 di Jawa Timur bakal menandingkan 10 cabang olaharaga (cabor) prestasi. Kecuali itu ada dua cabor tradisional dan dua kategori ketangkasan jurnalis.

Hal itu sesuai hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI di Banjarmasin, Kalsel (7/2), di Hotel Aria Barito.

Salah satu agenda Rakernas yang berlangsung siang hingga malam hari secara marathon itu adalah pemaparan dan presentasi kesiapan tuan rumah Porwanas Jawa Timur.

Ketua Siwo PWI Jawa Timur, Erwin Muhamad, hadir bersama tim dari Pemprov Jatim yang mempresentasikan seluruh persiapan mulai dari akomodasi, transportasi, venue, konsumsi dan seluruh keperluan terkait Porwanas yang dijadwalkan berlangsung di Malang Raya, 1-6 September 2020 itu.

Sepuluh cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah atletik, biliar, boling, bridge, bulutangkis, catur, futsal, sepakbola, tenis dan tenis meja.

Baca Juga  Peduli Masyarakat Kecil, PBVSI Surabaya Bagikan Sembako

Erwin mengatakan, selain cabor prestasi itu, juga ada dua cabang olahraga tradisional yakni sumpitan dan balap bakiak. Dua lomba lainnya yakni lomba karya tulis dan lomba foto jurnalistik.

“Lomba olahraga tradisional untuk pengurus PWI dan anggota Siwo yang tidak bertanding di cabang olahraga pokok. Tetapi juga terbuka untuk seluruh kontingen dari seluruh Indonesia,” kata Erwin.

Porwanas 2020 ini bakal memperebutkan 28 medali emas dari 10 cabor yang digelar selama 5 hari. Berikut ini cabor dan nomor-nomor yang dipertandingkan.

Cabang Atletik: mempertandingkan dua nomor dengan dua medali emas yakni lari 3.000 meter untuk atlet usia 40 tahun ke atas dan jarak 5.000 meter untuk usia 27-39 tahun

Cabang Biliar: memperebutkan 5 medali emas yakni untuk nomor Bola 9 Tunggal 27 tahun, Bola 9 Ganda, Bola 9 Beregu, Bola 8 Tunggal dan Bola 8 Ganda.

Baca Juga  Jawa Timur Siap Sukseskan Porwanas 2020

Cabang Bulutangkis:
menyediakan 3 medali emas, untuk perseorangan (ganda) 27 – 39 tahun, perseorangan (ganda) 40 tahun ke atas dan beregu dengan total usia.

Cabang Catur:
menyediakan 2 medali emas untuk nomor perseorangan (catur cepat) 27 tahun, dan beregu (catur cepat) 27 tahun.

Cabang Bridge:
menyiapkan dua medali emas, untuk pasangan 27 tahun dan kawan empat 27 tahun.

Cabang Tenis Meja: memperebutkan 3 medali emas untuk nomor-nomor perseorangan (tunggal) 27-39 tahun dan perseorangan (tunggal) 40 tahun ke atas, dan beregu total usia.

Cabang Sepakbola:
hanya mempertandingkan satu kategori tim usia 27 tahun ke atas.

Cabang Futsal:
mempertandingkan dua kategori usia yakni 27-35 tahun dan 40 ke atas.

Cabang Tenis Lapangan:
memperebutkan 3 medali emas untuk perseorangan (ganda) usia 27 – 39 tahun dan perseorangan (ganda) 40 tahun ke atas serta beregu total usia.

Baca Juga  Diambil dari Kayangan Api Bojonegoro, Obor Porprov Jatim Tempuh Rute 570 Km

Cabang Boling:
yang akan dipertandingkan di Surabaya memperebutkan 5 medali emas untuk nomor perseorangan 27 tahun dan ganda trio master. (*)